Selasa, 09 April 2013

4 Penggolongan Hewan

Penggolongan hewan dapat dilakukan dengan membedakannya berdasarkan tempat hidup, cara bergerak, cara berkembang biak, jenis makananya dan penutup tubuhnya. Apa saja penjelasan dari hal itu, silahkan lihat di bawah ini, semuanya ada 4 golongan hewan di alam semesta.

1. Berdasarkan Tempat Hidup.

Cobalah adik-adik amati hewan-hewan yang ada di lingkungan rumah atau di sekolahmu. Hewan apa saja yang ada, mungkin ada kerbau, sapi, burung, ayam, kelinci, ikan atau bebek. Hewan-hewan seperti sapi, kerbau, ayam, kelinci dan bebek hidup di darat. Adapun ikanhidup di air.



Berdasarkan tempat hidupnya, hewan dapat digolongkan menjadi hewan yang hidup di darat, di air dan juga ada hewan yang hidup di darat dan di air.

2. Berdasarkan Cara Bergeraknya.

Ingat kan, dari postingan kemarin tentang ciri-ciri makhluk hidup salah satunya adalah dapat bergerak. Setiap hewan cara bergeraknya berbeda-beda. Lihat saja contohnya, ada semut yang bergerak dengan cara berjalan atau berlari. Burung dan kupu-kupu bergerak dengan cara terbang. Sementara kucing, ayam dan kambing bergerak dengan cara berjalan atau berlari,

Ada hewan yang bergerak dengan cara merayap dan berenang. Contohnya adalah cicak, cacing dan ular bergerak dengan cara merayap.
Berenang tentu saja adalah ikan buka.

3. Berdasarkan Jenis Makanannya.


Masih ingatkah dengan yang namanya herbivora, carnivora dan omnivora.
Benar, penggolongan hewan tersebut berdasarkan jenis makanannya.

Makanan hewan bermacam-macam. Hewan Herbivora ada yang memakan rumput, sayuran, buah, daun, biji dan madu. Hewan Carnivora tidak semuanya pemakan daging, karena ada hewan carnivora yang memakan serangga. Contoh hewan yang memakan serangga adalah cicak dan katak.
Sedangkan yang dinamakan omnivora adalah pemakan segala, pemakan daging dan juga tumbuhan.

4. Berdasarkan Penutup Tubuhnya.

Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan penutup tubuh pada hewan. Dia adalah bulu dan rambut. Sisik ikan pun termasuk penutup tubuh yang berfungsi sebagai pelindung dari cuaca panas atau dingin dan juga untuk melindungi diri dari musuhnya.

Kucing, kelinci dan domba memiliki rambut sebagai penutup tubuh. Ayam, bebek dan burung memiliki bulu sebagai penutup tubuhnya. Ikan dan ular memiliki sisik untuk menutupi tubuhnya.

Sedangkan kura-kura memiliki penutup tubuh berupa cangkang.

Label

Alat Musik (3) Anak (2) Bahan Tambang (5) Bahasa (2) Baju (3) Bendera (1) Biografi (1) Doa (1) Dongeng (2) Gunung (2) Hari Besar (8) Hewan (32) Hukum Fisika (3) Islam (6) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Laut (3) Makanan (3) Minyak (1) pengetahuan (72) Piala (1) Pramuka (2) Sejarah (12) Singkatan (2) Tahukah Kamu (6) Televisi (1) TNI (2)