5 Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Adik-adik, coba amatilah benda di sekelilingmu. Apa saja yang kamu lihat? Tentunya ada hewan, tumbuhan, mobil, rumah, speda motor dan masih banyak lagi. Dapatkah kamu membedakan antara makhluk hidup dan benda tak hidup?
Manusia, hewan dan tumbuhan adalah makhluk hidup, sedangkan mobil, rumah, sepeda motor adalah benda tak hidup.

Coba kamu perhatikan kucing yang ada di sekitarmu.
Apa saja yang dilakukan kucing tersebut?

Kucing selalu berjalan-jalan mencari makanan. Kucing lebih senang berada di tempat terbuka dibandingkan tempat yang sempit karena tidak ada udara. Kucing suka berteman dan berkelahi dengan kucing yang lain. Jika kucing jantan bertemu dengan kucing betina, kucing dapat kawin dan menghasilkan anak. Kucing suka merasa haus, karena itu kucing juga suka mencari air untuk minum. Semakin lama, tubuh kucing pun semakin besar.


Berdasarkan cerita di atas, dapatkah kamu menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup?
Makhluk hidup memiliki ciri-ciri bergerak, memerlukan makanan dan air, berkembang biak dan mengalami pertumbuhan.



5 Ciri-Ciri Makhluk Hidup

1. Bergerak.

Semua makhluk hidup bergerak, tak terkecuali dengan tumbuhan meski bergeraknya membutuhkan waktu yang lama. Cara makhluk hidup bergerak berbeda-beda. Manusia bergerak dengan berjalan. Adapun hewan ada yang berjalan, melompat, merayap, terbang dan berenang seperti ikan di dalam kolam.

2. Memerlukan Makanan dan Air.

Manusia, hewan dan tumbuhan memerlukan makanan. Makanan berguna sebagai sumber energi, yang digunakan untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Makhluk hidup memiliki jenis makanan yang berbeda-beda. Misa saja kucing, suka memakan ikan. Kalau kucing diberi sayuran, maka kucing itu tidak akan mau memakannya.

3. Bernafas.

Bernafas adalah menghirup udara dan menghembuskannya kembali ke lingkungan. Kita menghirup udara berupa oksigen yang masuk melalui hidung, diteruskan ke paru-paru, kemudian dikeluarkan kembali dalam bentuk karbondioksida.

4. Mengalami Pertumbuhan.

Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran tubuh menjadi lebih besar, baik berat maupun tinggi.




5. Berkembang Biak.

Ciri makhluk hidup adalah berkembang biak, artinya adalah makhluk hidup dapat menghasilkan keturunan. Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah untuk memperbanyak keturunan agar jenisnya tidak punah. Manusia juga berkembang biak dengan cara melahirkan anak. Kucing berkembang biak dengan cara melahirkan anak. Setelah melahirkan, kucing menyusui anaknya dan seterusnya akan berkembang tumbuh menjadi besar seperti induknya.

7 Ciri-Ciri Makhluk Hidup yang Perlu Diketahui

Categories

pengetahuan (587) Sejarah (150) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut