Cara Kerja Mata yang Menakjubkan

Sebagaimana manusia yang baik saling membantu, bagian mata juga bekerjasama untuk mengantarkan cahaya dari sumbernya menuju otak untuk dicerna saraf manusia. Nah, beginilah kira-kira gambaran perjalanan cahaya hingga masuk ke otak manusia.


Cara Kerja Mata yang Menakjubkan

1. Sumber cahaya diterima oleh kornea.

2. Dari kornea, cahaya diteruskan ke pupil.
Pupil menentukan jumlah cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pupil melebar jika kondisi ruangan gelap, dan akan menyempit jika kondisi ruang terang. Lebar pupil dipengaruhi oleh iris di sekelilingnya.

3. Iris berfungsi sebagaimana diafragma.
Diafragma ini difungsikan untuk sebagai pengatur masuknya cahaya. Iris akan terlihat sebagai bagian berwarna pada mata.

4. Lensa mata menerima cahaya dari pupil dan meneruskannya ke retina.
Fungsi lensa mata adalah untuk mengatur fokus cahaya sehingga cahaya jatuh tepat pada bintik kuning retina. Untuk melihat benda yang jauh, lensa mata akan menipis. Sedangkan untuk melihat benda yang dekat, lensa mata akan menebal.

5. Retina adalah bagian mata yang paling peka terhadap cahaya, khususnya bagian retina yang disebut bintik kuning.
Setelah dari retina, cahaya diteruskan ke saraf optik.

6. Saraf otak adalah saraf yang memasuki sel tali dan kerucut dalam retina, untuk menuju ke otak.


Rumit kan cara kerja mata manusia itu.
Maka dari itu seharusnya kita bersyukur karena memiliki mata yang dapat melihat. Karena hingga saat ini belum ada pabrik pemnuat mata yang cara kerjanya sama atau hampir mirip dengan mata.
Subhanallah....

Categories

pengetahuan (642) Sejarah (154) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut