Daratan dan 9 Bagian-Bagiannya

Pelajaran untuk buah hati sekrang adlah tentang bagian bumi yang berupa daratan.
Daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi oleh air. Wilayah yang termasuk daratan meliputi pegunungan, perbukitan, dataran da lembah.

Bumi banyak mengandung air. Permukaan daratan pun ada yang tergenang air dan ada pula yang kering. Bagian daratan yang kering adalah padang pasir, dataran rendah, dataran tinggi dan pegunungan. Bagian daratan yang tergenang air misalnya adalah rawa, danau dan sungai.



Bagian-bagian daratan adalah

1. Dataran tinggi.
2. Jurang.
3. Ngarai.
4. Lembah.
5. Sungai.
6. Danau.
7. Dataran rendah.
8. Pegunungan.
9. Bukit.

Penjelasan Perbedaan

Apakah adik-adik tahu perbedaan antara gunung, pegunungan, dataran, lembah, ngarai, dan jurang. Akan dijelaskan perbedaannya di bawah ini ya.

1. Gunung.
Gunung adalah bagian tanah yang paling tinggi, bentuknya menyerupai kerucut. Gunung terdiri atas puncak yang dibatasi oleh lereng.
Lereng itu adalah sisi yang landai atau miring. Gunung-gunung terbentuk dalam waktu jutaan tahun.

2. Pegunungan.
Pegunungan adalah rangkaian gunung yang bersambung. Daerah yang tinggi tidak selalu berupa pegunuungan. Daerah yang lebih rendah daripada gunung adalah bukit. Sedangkan daerah yang banyak bukitnya disebut dengan perbukitan.




3. Dataran.
Dataran dengan daratan yang perbedaan ketinggian antara satu daerah dengan daerah lainnya hampir tidak ada. Dataran dibagi menjadi dua, yaitu dataran tinggi dan dataran rendah.

4. Lembah.
Lembah adalah dataran rendah diantara bukit-bukit. Lembah biasanya dialiri oleh sungai. Contohnya adalah lembah Karmel di Jawa Barat dan lembah Kayuwangi di Papua.

5. Jurang.
Jurang adalah lembah yang sempit dan memiliki dinding yang curam.

6. Ngarai.
Ngarai adalah lembah dalam dan luas diantara dua dindingnya.
Contohnya adalah Ngari Sianok di Sumatra Barat dan Ngarai Kalipanur di Jawa Tengah.

Categories

pengetahuan (643) Sejarah (155) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut