6 Sifat Air dan Contoh

Air adalah sumber daya alam yang memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia, sehingga semua makhluk hidup di dunia sangat bergantung kepadanya. Coba kalau sehari saja kita tidak menemukan air. Wah bisa dibayangkan betapa bingungnya kita. Selain untuk minum dan mandi, banyak aktivitas manusia yang dilakukan dengan memanfaatkan air.


Bentuk air ini tidak tetap, selalu berubah-ubah sesuai dengan bentuk yang ditempatinya, menempati ruang dan memiliki berat. Air selalu menempati ruang yang dimasukinya, menempati wadah yang berlekuk maupun menonjol. Makin banyak air dalam suatu tempat, maka beratnya akan semakin besar.

6 Sifat Air

1. Air menempati ruang dan mempunyai berat.
Contoh: Wadah kosong lebih ringan daripada yang terisi air.




2. Permukaan air yang tenang selalu datar.
Contoh: Waterpas yang dimanfaatkan oleh tukang batu.

3. Permukaan air yang tidak datar.
Contoh: Gelombang laut.

4. Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat lebih rendah.
Contoh: PDAM, sumur.

5. Air dapat melarutkan berbagai zat.
Contoh: Larutan gula.

6. Air menekan ke segala arah.
Contoh: Sumbu lampu minyak tanah.





Yang disebut tekanan adalah dorongan tenaga atau daya tekan yang umumnya disebut arus. Sebilah papan yang kita letakkan di atas seember air, kemudian kita tekan, maka kita akan merasakan papan itu mendapat tekanan dari segala arah dari dalam air.

Air disebut sebagai zat pelarut, kenapa?
Air yang rasanya manis disebut sebagai larutan gula. Sedangkan gula disebut sebagai zat yang dilarutkan. Tumbuhan mengambil bahan makanan dari dalam tanah berupa larutan juga. Setelah dimasak hasilnya juga berupa larutan, kemudian diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan tersebut.

Apabila kita membuat sumur dekat sungai, sebelum kedalamansumur sama atau lebih dalam dari permukaan air sungai, maka belum ada air yang keluar. Setelah kedalamannya sama atau lebih dalam dari permukaan air sungai, maka air akan keluar dari dalam sumur. Hal ini disebabkan air sungai yang letaknya lebih tinggi mengalir ke dalam sumur yang letaknya lebih rendah.

0 Response to "6 Sifat Air dan Contoh"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (539) Sejarah (128) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut