5 Macam Perubahan Wujud Benda

Setelah postingan kemarin membahas Sifat-Sifat Benda Padat, Cair, Gas Pengertian dan Contoh, sekarang giliran selanjutnya membahas tentang Perubahan Wujud Benda Padat, Cair, dan Gas tersebut.

Perubahan wujud benda dibagi menjadi 5 macam yaitu:
1. Padat ke cair.
2. Cair ke padat.
3. Cair ke Gas.
4. Gas ke cair.
5. Padat ke Gas.

Keterangan Perubahan Wujud Benda:


1. Perubahan wujud benda padat menjadi benda cair.

Tahukah kamu bahwa panas dapat menyebabkan perubahan wujud benda. Hal ini terjadi pada cokelat yang meleleh karena terkena panas tanganmu. Beberapa perubahan wujud benda terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Saat kita mengaduk gula pasir dalam teh panas, terjadi perubahan wujud. Setelah diaduk, butiran gula tidak tampak lagi. Gula pasir tidak hilang, tetapi gula pasir mengalami perubahan wujud.

2. Perubahan wujud benda cair menjadi benda padat.

Contohnya :
Jika kita memasukkan sekantong air ke dalam freezer, maka air akan berubah menjadi es. Air adalah benda cair, sedangkan es merupakan benda padat. Jadi, benda cair dapat berubah menjadi benda padat. Perubahan wujud ini disebut membeku.



3. Perubahan wujud benda cair menjadi benda gas.

Contohnya : ialah pada saat kita memasak air. Uap air mudah dilihat saat air panas dituang. Benda cair dapat berubah menjadi benda gas jika dipanaskan. Perubahan benda cair menjadi benda gas disebut menguap.

4. Perubahan wujud benda gas menjadi benda cair.

Contohnya :
Tutup gelas digunakan untuk menutup cangkir atau gelas yang berisi minuman panas, kamu akan melihat ada butiran air di situ. Butiran air itu berasal minuman panas yang menguap. Uap minuman bergerak ke atas mengenai tutup gelas. Perubahan wujud benda gas menjadi benda cair disebut mengembun atau kondensasi.

5. Perubahan wujud benda padat menjadi benda gas.




Perubahan wujud benda padat menjadi benda gas ini disebut menyublim. Contohnya dapat dilihat pada kamper. Kamper merupakan benda padat. Namun jika diletakkan pada udara terbuka, kamper lama-kelamaan akan habis. Kamper berubah menjadi gas yang menyebar di udara.

Itulah 5 Macam Perubahan Wujud Benda

0 Response to "5 Macam Perubahan Wujud Benda "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (482) Sejarah (125) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut