3 Jenis Kapal Selam Berdasarkan Tenaga Penggerak

Memang tak banyak orang yang mengenal kapal selam karena selain tidak dioperasikan untuk umum, kapal selam juga jarang berada di daratan. Namun, kalian tak perlu berkecil hati karena di Indonesia khususnya di kota Surabaya, sudah ada monumen kapal selam yang setiap saat bisa dikunjungi.

Kapal selam merupakan kapal yang bergerak di bawah permukaan air, pada umumnya digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer. Sebagian besar Angkatan Laut memiliki dan mengoperasikan kapal selam sekalipun jumlah dan populasinya masing-masing negara berbeda-beda.

Monumen Kapal Selam Pasopati ,Surabaya

Selain digunakan untuk untuk kepentingan militer, kapal selam juga digunakan untuk ilmu pengetahuan laut dan air tawar dan untuk bertugas di kedalaman yang tidak sesuai untuk penyelam manusia.



Kapal selam militer digunakan untuk kepentingan perang atau patroli laut suatu negara. Berdasarkan jenisnya, setiap kapal selam militer selalu dilengkapi dengan senjata seperti meriam kanon, torpedo, rudal penjelajah atau antipesawat dan antikapal permukaan, serta rudal balistik antar benua.

Ada beberapa jenis kapal selam yang memiliki fungsi atau tugas berbeda pula. Untuk kapal selam yang berdasarkan tenaga penggerak (propulsi), dibagi menjadi 3 macam yaitu:

1. Kapal Selam Diesel Elektrik.

Kapal selam ini adalah sistem penggerak kapal selam tertua yang masih digunakan sampai saat ini. Sistem propulsi ini begitu handal sehingga negara pemilik kapal selam nuklir pun masih merasa perlu memiliki kapal selam diesel elektrik. Dari 5 negara pemilik kapal selam nuklir, hanya Amerika Serikat saja yang tidak menggunakkan sisterm propulsi ini. Dalam keadaan tertentu, kapal selam jenis ini lebih mudah mematikan daripada kapal selam nuklir.




2. Kapal Selam Nuklir.

Kapal selam nuklir muncul enam bulan sebelum Perang Dunia II, pada Maret 1939, Dr George Pegram dari Columbia University, New York, mengusulkan kepada Angkatan Laut AS untuk mengembangkan pemakaian uranium sebagai sumber daya, termasuk untuk menggerakkan turbin kapal selam.

Kapal Selam

Angkata Laut AS tertarik dan mulai melakukan riset. Tetapi setelah pengeboman Pearl Harbour dan AS terlibat perang, semua material yang berkaitan dengan tenaga atom ditarik, dipusatkan untuk "Proyek Manhattan" guna pembuatan bom atom pertama (Little Boy dan Fat Man).

3. Kapal Selam Engineless.

Kapal selam ini juga disebut sebagai kapal selam tanpa mesin atau bathysphere. Sebelum bathysepher, dikenal dengan lonceng selam "diving bell", berbentuk lonceng dalam air dengan lantai terbuka. Udara dipompa masuk oleh kru di atas agar penyelam atau peneliti bisa tinggal lebih lama di bawah air.

0 Response to "3 Jenis Kapal Selam Berdasarkan Tenaga Penggerak"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (642) Sejarah (154) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut