4 Oasis Terindah di Dunia

Gurun pasir tidak melulu pasir. Di beberapa lokasinya terdapat danau-danau alam yang airnya berasal dari sumber air setempat maupun dari curah hijan tahunan, itulah oasis.
Oasis Huacachina - Peru
Oasis merupakan tempat yang subur diantara tandusnya gurun pasir. Hadirnya mata air dan beberapa tumbuhan mengakibatkan oasis sering dijadikan daerah pemukiman bagi warga yang tinggal didaerah gurun seperti di Sahara. Di sini juga biasanya dijumpai pepohonan palem dan bahkan tanaman-tanaman buah dan taman yang subur.

Keindahan oasis menjadi daya tarik tersendiri bagi yang mengetahui keberadaannya. Jadi tak heran, bila dijadikan tempat wisata dan banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai negara.

Pada umumnya daerah yang kering berupa gurun ini memiliki tingkat perbedaan suhu yang sangat tinggi. Baik suhu siang dan malam, maupun suhu ketika musim panas dan musim dingin. Perbedaan yang ekstrim ini yang membuat batuan cepat lapuk karena perubahan suhu ini.

Oasis terjadi ketika adanya erosi yang menyebabkan terbentuknya margin zona depresi yang membentuk cekungan yang mencapai water table sehingga membentuk suatu mata air. Water table adalah zona aliran air di bawah permukaan yang mengalir pada pori-pori bebatuan dan berada di atas lapisan impermeable (bed rock).




Keindahan oasis menjadi daya tarik tersendiri bagi yang mengetahui keberadaannya. Jadi tak heran, bila dijadikan tempat wisata dan banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai negara.

Ada banyak oasis-oasis indah di belahan dunia ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

4 Oasis Terindah di Dunia:


1. Danau-danau Ubari, Oasis Erg Awbari, Sahara - Libya.


Lokasinya terdapat di dekat Fezzan dan 30 km sebelah utara Germa, Libya. Danau berair asin ini merupakan suatu lokasi pusat perdagangan bagi warga setempat yang kebanyakan menjual souvenir dan barang-barang lainnya di sekitar danau.

2. Oasis Huacachina - Peru.


Huacachina merupakan kota oasis kecil di daerah Ica, Barat Daya Peru. Oasis yang diberi nama "Oasis of Americas" ini merupakan resort populer di kalangan turis asing maupun domestik. Legenda setempat menceritakan bahwa danau ini terbentuk saat pemburu muda mengganggu seorang puteri cantik yang sedang mandi. Puteri tersebut langsung meninggalkan kolam air yang kemudian menjadi danau.



3. Oasis Turpan - China.


Turpan atau yang lebih dikenal dengan nama Tulufan, merupakan kota oasis di daerah Xinjiang Uygur, China. Berjarak hanya 8 km sebelah barat reruntuhan kota Jiaohe, suatu daerah batas pasukan garnisun yang dihancurkan oleh Jengis Khan pada Dinasti Han.

4. Danau Gurun - Brazil.


Danau gurun yang indah ini terletak di Lencois Maranhenses National Park, Maranhao, Brazil. Terbentuk sebagai bagian dari sistem danau air tawar yang berasal dari hujan selama 6 bulan pertama tiap tahunnya dan kemudian akan menguap secara bertahap dan tahun berikutnya airnya akan meningggi kembali.

Beberapa danau diantaranya terdapat pepohonan palem, sementara yang lainnya gersang.

0 Response to "4 Oasis Terindah di Dunia"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (539) Sejarah (128) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut