6 Jembatan Terunik di Dunia

Jembatan, bemda ini tak hanya menjadi salah satu sarana transportasi darat terpenting setelah terowongan, Didesain secara menawan, unik dan elegan, jembatan pun bisa menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi orang.

Jembatan merupakan satu struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti rel kereta api, sungai maupun jalan raya. Dengan adanya jembatan, dua wilayah yang terpisahkan bisa saling terhubung dan memudahkan seseorang untuk menuju ke tempat yang ia inginkan.
Jembatan dibangun secara kokoh supaya segala macam angkutan kendaraan yang melintasinya dapat berjalan dengan nyaman tanpa takut jembatan akan terputus. Tak heran, bila pembiayaan untuk membangun sebuah jembatan membutuhkan dana yang cukup besar. Selain itu juga dibutuhkan waktu yang lama untuk membangunnya.

Beragam model dan jenis serta bahan yang digunakan sangat beragam. Mulai dari yang berbahan kayu hingga beton. Mulai dari model jembatan gantung hingga jembatan layang, semuanya memiliki keunikan tersendiri. Berikut ini ada enam jembatan yang terunik di dunia.

6 Jembatan Terunik di Dunia

1. Jembatan Banpo - Korea Selatan.
Jembatan Banpo atau jembatan air mancur ini pada tanggal 9 September 2008 menjalani operasu facelift besar-besaran. Sebuah air mancur 10.000 selang yang membentang di kedua pingggirnya. Setelah dipasang, jembatan ini berubah menjadi atraksi turis besar ketika ia menembakkan 190 ton air per menit enggunakan air sungai yang ada di bawahnya.

2. Jembatan Henderson Waves - Singapura.
Disebut juga dengan jembatan pejalan kaki terindah yang ada di negara Singapura. Pada ketinggian 36 meter atau 12 tingkat dari permukaan jalan, jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura. Jembatan ini memiliki panjang 300 meter yang menghubungkan taman di Mount Faber dan Telok Blangah Hill.




3. Jembatan Donghai - Cina.

Jembatan Donghai merupakan jembatan lintas lautan terpanjang di dunia. Melintasi teluk Hangzhou, berdirilah jembatan lintas lautan terpanjang di dunia dengan panjang 35,673 km atau 22 mil dengan enam jalur jalan tol dua arah. Jembatan ini dibangun untuk menangani kemacetan lalu lintas di wilayah yang sedang berkembang pesat, memotong waktu tempuh antara Shanghai dan Ningbo dari empat jam menjadi 2,5 jam saja.
Jembatan ini menjalani banyak pembelajaran beberapa dekade sebelumnya sebelum disetujui tahun 2003 dan akhirnya dibuka pada 1 Mei 2008. Total investasi untuk jembatan ini senilai RMB 11.8 juta atau sekitar US1.4 miliar.

4. Jembatan Rolling Bridge - Britania Raya.
Jembatang yang bisa menggulung sendiri yang ada di Britania Raya. Dirancang oleh Heatherwick Studio, Rolling Bridge pemenang penghargaan ini terletak di Paddington, London. Daripada menggunakan mekanisme jembatan terbuka konvesional, yang terdiri dari elemen rigid tunggal yang naik untuk membolehkan kapal lewat, Rolling Bridge menggulung diri hingga dua ujungnya bertemu.



5. Jembatan Oliveira - Brazil.
Merupakan jembatan kabel berbentuk X pertama di dunia. Jembatan Octavio Frias de Oliveira yang melintasi Sungai Pinherios di Sao Paulo, Brazil di buka pada Mei 2008, tingginya 138 meter (450 kaki) dan menghubungkan Marginal Pinheiros dengan Jornalista Roberto Marinho Avenue. Desainnya unik dengan 2 dek melengkung melintas satu sama lain melalui menara penobang berbentuk X.

6. Jembatan Wind And Rain Bridge - Cina.

Merupakan jembatan bangsa Dong yang ada di negara Cina sebagai simbol arsitektur bangsa minoritas Dong. Wind and Rain Bridge di Diping adalah yang terbesar dalam jenisnya di provinsi Guizhou, dimana komunitas Dong terbesar menetap. Panjangnya 50 meter dan dibangun pada tahun 1894 selama Dinasti Qing 100 tahun yang lalu.
Tetapi struktur aslinya terbakar dalam kebakaran besar tahun 1959 dan yang dilihat pengunjung saat ini adalah pembuatan ulangnya yang selesai pada tahun 1964. Merupakan arsitektur kayu murni yang terdiri dari pilar, purlin, dan baluster dalam berbagai ukuran dan bentuk.

Badan jembatan terbagi menjadi tiga bagian, yang terbesar di tengah berbentuk menara drum Cina trasisional. Pilaster dan eave jembatan dihiasi dengan bunga dan pahatan, dan jembatan ini sangatlah unik.

Itulah keenam jembatang paling unik di dunia, dua diantaranya ada di negara Cina.

0 Response to "6 Jembatan Terunik di Dunia"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (537) Sejarah (127) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut