5 Manfaat Sungai di Indonesia

Air hujan yang turun ke bumi akan mengalir ke laut dan sungai sebagai tujuan akhir dari perjalanan air. Di berbagai tempat di Indonesia ini banyak sekali terdapat sungai-sungai dan di wilayah Propinsi Jawa Timur adalah Sungai Brantas yang sangat terkenal dengan beragam manfaatnya.

Hulu Sungai Brantas

Sungai harus kita jaga kelestariannya, maksudnya agar bisa tetap eksis dari zaman kita hingga anak cucu kita karena salah satu manfaatnya bisa dirasakan oleh orang banyak seperti pembangkit listrik tenaga air, PLTA. Dengan berdiam saja, sungai juga menguntungkan buat manusia, yaitu menghasilkan pasir, kerikil dan batu.

Di pulau-pulau yang banyak sungainya, sungai tersebut bisa dimanfaatkan sebagai sarana transportasi seperti yang ada di Pulau Kalimantan sehingga jarak tempuh menjadi semakin cepat. Efisien kan.



5 Manfaat Sungai di Indonesia

1. Untuk mengairi lahan pertanian.
2. Untuk PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).
3. Sebagai penghasil bahan bangunan (pasir, kerikil, batu kali).
4. Sebagai sarana lalu lintas (di pulau Kalimantan, Suateri dan Papua).
5. Sebagai penghasil ikan.




Bukan itu saja, sungai juga digunakan sebagai pasar tradisional yang ada di Pulau Kalimantan, seakan terasa seperti pada zaman kerjaan saja. Tak luput pula, sungai bisa mengasilkan protein hewani yang halal karena melalui sungailah, mampir ikan-ikan yang sangat lezat untuk di makan.

Setidaknya ada lima manfaat sungai yang umum seperti tertera di atas. Namun sesungguhnya masih ada manfaat-manfaat lain yang belum disebutkan di sini.

0 Response to "5 Manfaat Sungai di Indonesia"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (539) Sejarah (128) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut