Sejarah Singkat Pramuka Dunia

Pramuka atau kepanduan atau pandu biasanya diberikan di masa-masa sekolah sebagai langkah pengenalan siswa tentang pentingnya kepramukaan dimana salah satunya adalah mengajarkan kemandirian dan mencoba belajar bertahan di alam bebas. Dari situlah biasanya pula mereka seringkali pergi ke pegunungan untuk berkemah.

Tapi tahukah kalian, siapa sebenarnya yang pertma kali mengenalkan pramuka ini di dunia. Dia adalah orang berkebangsaan Inggris yang bernama lengkap "ROBERT STEVENSON SMYTH LORD BADEN POWELL OF GILWELL" dan bias dipanggil dengan Robert Baden Powell saja.


Dari latar belakang yang suka berpetualang dan pengalaman sebagai anggota militer Inggris, Robert Baden Powell yang lahir pada tanggal 22 Februari 1857 ini menjadi pembina ulung bagi para anggota militer baru.

Pembinaan demi pembinaan prakter dan teori ini menjadi cikal bakal berdirinya pramuka. Ia belajar dari karakter ibunya yang selalu mengayomi karena ayahnya meninggal dunia sejak Baden Powell masih kecil. Selain itu, jiwa petualangannya muncul dari saudara-saudaranya yang memberikan pelajaran kepada dirinya tentang berlayar, berkemah, berenang, cara bertahan hidup di alam dan berbagai jenis ketrampilan yang lain.

Karir Baden Powell


Bersama karirnya, Baden memperoleh berbagai macam tugas dan pengalaman diantaranya di India, dia berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang di puncak gunung, di kota Mafeking, Afrika Selatan ia berhasil bertahan hidup dari pengepungan suku Boer selama 127 hari sebelum bantuan datang dan Baden bersama pasukannya berhasil mengalahkan kerajaan Zulu di Afrika.





Pengalaman inilah yang ia tulis dalan buku "Aids to Scouting" sebagai buku pegangan bagi tentara muda Inggris dalam melaksanakan tugas di medan perang. Sejak saat itu kepiawaian Baden sebagai pembina militer semakin dikenal oleh rakyat Inggris. Sampai-sampai pada tahun 1929, 19 tahun Baden pensiun dari tugas militernya dan ia mendapat gelar "Lord" dari Raja Inggris.

Di masa akhir tugasnya sampai pensiun, Baden banyak menulis buku tentang kepanduan (Pramuka) dan mendirikan organisasi-organisasi kepanduan untuk kaum muda.
Beberapa buku yang ia tulis adalah:
  1. Scouting for Boys (1908).
  2. Buku petunjuk Kursus Pembuna Pramuka (1914).
  3. Rovering to Success(1922).





Bapak Pandu Sedunia


Beberapa organisasi yang ia rintis diantaranya adalah "Boys Scouts" yang muncul tidak hanya di Inggris, tetapi juga negara-negara lain yang menggunakan buku Scouting for Boys, pramuka untuk remaja putri "Girl Guides", kelompok pramuka usia siaga CUB dan Rover Scout untuk usia 17 tahun.

Pada tahun 1920, diadakan Jambore Dunia pertama di Olympia Hall, London Inggris yang diikuti oleh 27 negara. Pada saat ituRobert Baden Powell dinobatkan sebagai Bapak Pandu Sedunia atau Chief Scout of The World. Sejak saat itu, setiap 4 tahun sekali diadakan Jambore tingkat Internasional yang diselenggarakan di berbagai negara.

0 Response to "Sejarah Singkat Pramuka Dunia"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (587) Sejarah (150) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut