Serunya Bulu Tangkis

Olahraga yang dimainkan dengan kok dan raket ini ternyata digemari berbagai kalangan. Mulai dari yang muda hingga yang tua sangat bersemangat sekali memainkannya.
Bulu tangkis atau biasa disingkat dengan bultang atau badminton ini merupakan olahraga yang menggunakan raket yang dimainkan oleh dua orang (permainan tunggal) atau dua pasang (permainan ganda) yang saling berlawanan.

Permainan ini mirip dengan tennis. Pemain memukul bola permainan (kok atau shutlle cock) menggunakan raket, melewati jaring agar jatuh ke kotak permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.



Dari Kayu dan Bulu Angsa

Dalam permainan bulu tangkis, terbagi menjadi lima kelompok yaitu:
1. Tunggal putra.
2. Tunggal putra.
3. Ganda putra.
4. Ganda putri.
5. Ganda campuran.

Permainan bulu tangkis tidak akan lengkap bila tak ada raket dan kok. Kedua alat itu merupakan bagian yang terpenting, kalau tanpa ada kedua alat itu, maka permainan tidak bisa berlangsung.




Secara tradisional, raket dibuat dari kayu. Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi pilihan untuk membuat raket. Kini, hampir semua raket profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat, kaku dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat.
Namun, sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan raket.

Kok terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus.

Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan juga kok yang terbuat dari plastik.

0 Response to "Serunya Bulu Tangkis"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (643) Sejarah (155) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut