Tahapan Penemuan Lampu Pijar

Kehidupan kita sehari-hari tak lepas dari penerangan bola lampu. Adanya lampu pijar memperlancar aktivitas kita, khususnya di malam hari. Coba kalian bayangkan, jika tidak ada penerangan lampu pijar di malam hari, pasti gelap gulita dan kalian pun tidak akan dapat belajar dengan baik dan nyaman.


Lampu pijar merupakan sumber cahaya buatan yang dihasilkan melalui penyaluran arus listrik ke filamen yang kemudian memanas dan menghasilkan cahaya. Kaca yang menyelubungi filamen panas tersebut akan menghalangi udara untuk berhubungan dengannya sehingga filamen tidak akan langsung rusak akibat teroksidasi.




Tahun 1802
Pengembangan lampu pijar sudah dimulai awal abad XIX.
Sejarah lampu pojar dimulai dengan ditemukannya tumpukan volta oleh Alessandro Volta.


Tahun 1820
Pada tahun 1802, Sir Humphry Davy menunjukkan bahwa arus listrik dapat memanaskan seuntai logam tipis hingga menyala putih. Kemudian pada tahun 1820, Warren De la Rue merancang sebuah lampu dengan cara menempatkan sebuah kumparan logam mulia platina di dalam sebuah tabung lalu mengalirkan arus listrik melaluinya.

Hanya saja, harga logam platina yang sangat tinggi menghalangi pendayagunaan penemuan ini lebih lanjut. Oleh karena itu, jawabannya dengan menempatkan elemen dalam vakum.


Tahun 1870
Baru pada tahun 1870-an, seorang ilmuwan terkenal yang bernama Thomas Alva Edison dari Amerika Serikat, mulai ikut serta dalam usaha merancang lampu pijar. Dengan menggunakan elemen platina, Edison mendapatkan paten pertamanya pada bulan April 1879 dan ini menjadikan namanya dikenang sepanjang sejarah.



Tahun 1879
Pada tahun yang sama, Sir Joseph Wilson Swan juga menciptakan lampu pijar yang dapat bertahan hingga 13,5 jam. Edison kembali mencoba menggunakan untaian karbon yang ditempatkan dalam bola lampu hampa udara hingga pada tanggal 19 Oktober 1879 dia berhasil menyalakan lampu yang mampu bertahan hingga 40 jam.


Tahun 1882
Kini, bola pijar Edison berikut sistem pembagian tenaga listrik yang dikembangkannya memungkinkan adanya penerangan listrik yang praktis untuk di rumah. Pada tahun 1882, perusahaannya mulai memproduksi listrik untuk rumah-rumah di New York.

Dengan berdirinya perusahaan listrik pertama untuk penerangan rumah, Edison berarti sudah meletakkan dasar bagi perkembangan industri besar. Penggunaan tenaga listrik bukan cuma buat penerangan, tapi untuk seluruh aspek kebutuhan rumah tangga, mulai dari televisi hingga mesin cuci.

Kegunaan tenaga listrik lewat distribusi jaringan-jaringan yang didirikan Edison dengan sendirinya mendorong penggunaan listrik untuk sektor industri. Hingga sekarang lampu pijar ini berkembang dengan pesatnya yaitu 4 macam lampu yaitu Pijar, Halogen, TL, LED.

0 Response to "Tahapan Penemuan Lampu Pijar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (642) Sejarah (153) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut