3 Macam Iklim di Indonesia

Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca dari suatu daerah yang luas dan diperhitungkan dengan rentang waktu yang lama. Di Indonesia sendiri, sebenarnya ada tiga macam iklim, salah satunya adalah iklim laut. Hal ini disebabkan karena Negara Indonesia adalah negara kepulauan.


Iklim musim ini terdiri dari dua macam yaitu angin musim barat daya dan angin musim timur laut. Karena pengaruh dari kedua angin inilah akhirnya terjadi musim kemarau dan penghujan di Indonesia.

3 Iklim di Indonesia




1. Iklim Musim (Iklim Muson).

Yaitu suatu iklim yang terjadi karena pengaruh angin musim yang bertiup berganti arah tiap-tiap setengah tahun sekali. Angin musim ini terdiri dari dua macam yaitu angin musim barat daya dan angin musim timur laut.
3 Macam Iklim di Indonesia
a. Angin Musim Barat Daya.
Suatu angin yang bertiup antara bulan Oktober sampai April, angin ini bersifat basah. Pada bulan-bulan tersebut, Indonesia mengalami musim penghujan.


b. Angin Musim Timur Laut.
Angin yang bertiup antara bulan Oktober hingga April dan sifat angin ini adalah kering. Dari itu, pada bulan-bulan ini, Indonesia mengalami musim kemarau.




2. Iklim Tropika.

Indonesia yang terletak di sekitar garis katulistiwa, membuatnya termasuk daerah tropika (panas). Keadaan cuaca di Indonesia rata-rata panas, dan hal inilah yang mengakibatkan beriklim tropis. Iklim ini berakibat banyak hujan yang disebut dengan Hujan Naik Tropika.

3. Iklim Laut.

Sebagian besar tanah dan daratan di Indonesia dikelilingi oleh laut atau samudra. Hal tersebut yang menyebabkan di Indonesia ini terdapat iklimlaut. Sifat dari iklim ini adalah lembab dan banyak mendatangkan hujan.

0 Response to "3 Macam Iklim di Indonesia"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (618) Sejarah (153) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (13) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut