6 Candi Utama di Candi Prambanan

Candi sebagai pemakaman hanya berlaku bagi Agama Hindu. Tiap-tiap candi dibangun berdasarkan ketentuan yang sama. Bangunan candi terdiri dari tiga bagian yaitu kaki candi, badan candi dan atap candi.


Kaki candi melambangkan alam bawah tempat manusia tinggal atau hidup. Badan candi melambangkan alam antara tempat manusia tinggal yang telah meninggalkan keduniawiannya. Sedangkan atap candi melambangkan alam atas tempat dew-dewa tinggal.

Candi Prambanan letaknya ada di sebelah timur kota Yogyakarta, yang merupakan candi agama Hindu terindah di Indonesia tercinta ini. Dibangun pada abad ke 9 masehi pada masa pemerintahan Prabu Rakai Pikatan di zaman kejayaan Kerajaan Mataram dulu.





Candi Prambanan ini juga disebut sebagai candi Sewu atau Candi Roro Jonggrang. Nama Roro Jonggrang diambil dari cerita Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Komplek candi Prambanan merupakan kelompok candi Hindu terbesar di Pulau Jawa. Jumlahnya memang tidak mencapai seribu, hanya 250 candi saja. Di antara candi-candi itu ada candi Siwa dan candi Brahma, candi Wisnu, yaitu dewa-dewa tertinggi dalam agama Hindu.




6 Candi Utama di Candi Prambanan:

Kalau dilihat dari tata letak atau posisinya, candi Prambanan terdiri dari enam candi utama, yaitu:
1. Candi Shiwa Mahadewa.
2. Candi Shiwa Mahaguru.
3. Candi Nandi.
4. Candi Brahma.
5. Candi Wisnu.
6. Candi Perwara.

Pada bulan purnama musim panas, di Candi Prambanan dipentaskan cerita Ramayana. Cerita ini adalah sesuai dengan cerita yang terukir dalam bentuk relief candi itu.

0 Response to "6 Candi Utama di Candi Prambanan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (557) Sejarah (150) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut