Apa Itu Komet

Apa itu Komet?
Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar atau orbit yang berbentuk lonjong. Komet itu menyerupai bintang. Apabila ia mendekati matahari, maka komet akan mendapat dorongan angin matahari sehingga ekornya berpijar di bagian belakangnya.


Oleh sebab itu, komet disebut juga dengan "Bintang Berekor".




Komet terdiri dari kumpulan debu dan gas yang dapat membeku jika jauh dari matahari. Ekor komet selalu menjauhi matahari. Pada saat komet bergerak mendekati matahari, ekor komet berada di belakannya. Semakin dekat dengan matahari maka ekor komet akan semakin panjang.

Menurut wikipedia,
Kata "komet" berasal dari bahasa Yunani, kometes (κομήτης) yang berarti "rambut panjang".






Istilah lainnya adalah bintang berekor yang tidak tidak tepat karena komet sama sekali bukan bintang. Orang Jawa menyebutnya sebagai lintang kemukus karena memiliki ekor mirip 'kukus' atau berdebu.

Di samping itu, ekornya juga mirip buah kemukus yang dikeringkan.

0 Response to "Apa Itu Komet"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (643) Sejarah (155) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut