Macam Batu Akik Opal dari Australia

Batu akik memang sedang melanda Indonesia akhir-akhir ini, mulai dari petani, tukang becak hingga para pejabat serta presiden ramai membicarakan batu mulia yang warna warni tersebut dengan berbagai variannya. Betapa hebatnya batu mulia di tiap daerah memiliki nama yang khas tersendiri.

Tetapi, sebenarnya bukan hanya negara Indonesia saja yang mengolah batu akik menjadi perhiasan menawan ini. Ada salah satu negara besar yang mengolah aksesoris dari batu akik atau batu mulia ini yaitu negara Australia yang merupakan tetangga dekat dari Indonesia sendiri.

Batu Akik Andamooka, asal Australia

Selain dari irtu, ada beberapa negara lainnya selain Indonesia dan Australia yaitu negara Myanmar, Thailand, Iran dan sejumlah negara di Afrika sana, bahkan sampai di negara-negara pecahan dari negara Rusia dulu serta Asia Tenggara.

Konon di seluruh dunia ini terdapat 175 jenis batu akik dan 20 diantaranya berasal dari Indonesia ini. Memang hampi semua daerah di Indonesia memiliki batu mulia sendiri. Nama batu akik di satu daerah berbeda namanya meski sama barangnya. Dan salah satu yang sedang trend sekarang adalah batu akik OPAL.





Negara Penghasil Batu Opal Terbesar di Dunia

Di negara Australia, batu opal disebut dengan nama "batu mata kucing". Saat ini Australia adalah merupakan salah satu negara penghasil batu opal terbesar di dunia. Karena Australia telah memproduksi sebanyak 95% batu opal di dunia, terutama di bagian Australia Selatan. Tak heran lagi kalau batu opal merupakan batu nasional negara Australia.

Di sana, batu opal diolah menjadi berbagai macam souvenir seperti cincin, anting, kalung, bros dan berbagai macam perhiasan lainnya. Juga dijual batu opal dalam bentuk mentahnya untuk kemudian diolah sendiri. Cuma kita harus mengetahui ciri-cirinya kalau ingin membeli mentahannya. Cirinya yang khas adalah dalam batu opal tersebut ada variasi warna yang bermacam-macam.

Macam Batu Opal

Batu opal dapat dikategorikan menjadi dua macam yaitu:
- Opal mulia.
- Opal biasa.

Opal mulia yang memiliki karakteristik spektrum bergama, akan dihargai lebih mahal ketimbang yang opal biasa.






Bagi yang ingin mentetahui lebih dalam mengenai tipe batu opal terbagi menjadi beberapa tipe:
  • Boulder Opal.
  • White opal.
  • Crystal opal.
  • Black opal.
  • Dan Sebagainya.

Diantara keempat tipe tersebut yang dihargai lebih mahal adalah Black Opal karena batu akik jenis ini sangatlah langka. Sedangkan yang termurah adalah batu akik tipe "Opal Doublet" atau "Triple Doublet" karena secara ketebalan, mereka jauh lebih tipis dan lebih mudah dalam pembuatannya.

Sedangkan yang paling terkenal di negara Australia adalah batu akik "Andamooka". Warna dalam batu tersebut bermacam-macam kuning, merah, biru orange, hijau dan warna lainnya.

0 Response to "Macam Batu Akik Opal dari Australia"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (482) Sejarah (125) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut