Beragam Kegunaan Roket

Roket merupakan wahana luar angkasa, peluru kendali atau bisa juga disebut sebagai alat transportasi luar angkasa. Roket ini kendaraan terbang yang mendapatkan dorongan melalui reaksi keluarnya bahan fluida secara cepat dari mesin roket.


Aksi keluarnya bahan tersebut dalam ruang bahan bakar dan nozzle pengembang, mampu membuat gas mengalir dengan kecepatan hipersonik sehingga menimbulkan dorongan reaktif yang besar untuk roket. Seringkali definisi roket digunakan untuk merujuk kepada mesin roket.

Apakah ada yang ingin menjadi astronot?
Kalian harus bisa menaiki roket dan tak sembarang orang bisa mengemudikan alat transportasi yang satu ini karena membutuhkan keahlian khusus.




Beragam Kegunaan Roket

Untuk penjelajahan luar angkasa yang tidak ada udara, maka roket tersebut harus membawa sendiri bahan bakar dan oksigen untuk menghasilkan daya dorong yang diperlukan.

Penggunaan untuk militer roket merujuk kepada bahan peledak pendorong tanpa alat pengendali. Roket ini bisa diluncurkan oleh pesawat penyerang darat (roket udara ke permukaan), ditembakkan dari permukaan (darat/laut) ke sasaran di udara (darat ke udara).

Atau bisa juga ditembakkan dari permukaan (darat/laut) ke sasaran permukaan yang lain. Ketika era perng Vietnam, terdapat juga roket darat-udara tanpa kendali yang dibuat untuk menyerang pesawat yang terbang dalam formasi.




Bermula pada abad ke 13 Masehi, roket digunakan untuk militer dan berekreasi di luar angkasa. Barulah pada abad ke 20, penggunaan roket secara intensif diperuntukkan bagi militer, industri dan ilmu pengetahuan yang pada saat itu teknologi peroketan mampu mengantarkan manusia menuju ruang angkasa, termasuk mengantarkan manusia menginjakkan kakinya di bulan.

Roket juga bisa bermanfaat atau digunakan untuk kembang api, persenjataan, kursi penyelamat, kendaraan peluncur untuk satelit buatan, kendaraan luar angkasa dan untuk eksplorasi ke planet lain.

0 Response to "Beragam Kegunaan Roket"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (558) Sejarah (150) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut