Insiden Bendera di Surabaya

Suatu keberanian yang tinggi diperlukan untuk merobah bendera Belanda karena pada saat itu sedang genting-gentingnya seteru antara penjajah dan orang pribumi. Arek-arek Surabaya dengan gagah berani menuju Hotel Orange atau Hotel Yamato karena Orang Belanda berani mengibarkan benderanya di puncak hotel tersebut.




Penyebab:
Belandan dengan sengaja mengibarkan bendera Belanda yang berwarna merah putih biru di puncak hotel Yamato di daerah Tunjungan Surabaya.




Terjadi:
Pada tanggal 19 September 1945.

Peristiwa:
Rakyat Surabaya marah dan berbondong-bondong menyerbu dan naik ke bagian puncak hotel Yamato, yang pada akhirnya berhasil merobel bagian bendera yang berwarna biru sehingga tinggal warna merah dan putih, Benderanya Indonesia tercinta.

0 Response to "Insiden Bendera di Surabaya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (615) Sejarah (152) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (13) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut