Ken Dedes Ibunya Para Raja di Jawa

Dalam Kitab Pararaton disebutkan bahwa Ken Dedes digambarkan sebagai wanita cantik, cerdas dan berbudi luhur. Pancaran dari kecantikannya mampu menaklukkan semua pria yang memandangnya.


Ken Dedes adalah seorang puteri dari Mpu Purwa, pendeta Budha yang berasal dari Desa Panawijil, yang terletak di lereng Gunung Kawi. Dari rahimnya lah lahir raja-raja perkasa di tanah Jawa. Kecantikannya bisa memberi inspirasi bagi pencapaian kesempurnaan hidup.




Ken Dedes diabadikan dalam sebuah patung yang menggambarkan sosok perempuan muda nan cantik jelita sedang duduk bersila di atas bantalan daun teratai. Sebagai perwujudan Prajnaparamita, Dewi Kebajikan dalam ajaran Budha. Patung Ken Dedes diemukan oleh orang Belanda yang bernama Monnereau.

Monnereau adalah seorang pegawai pemerintahan Belanda pada awal tahun 1818. Patung yang ditemukannya diyakini merupakan perwujudan Ken Dedes. Namun sayangnya, Ken Dedes yang berwujud patung tersebut diboyong ke Belanda dan dijadikan warga negaranya pada tahun berikutnya.
Kisah Ken Arok Merebut Ken Dedes

Patung Ken Dedes Kembali ke Indonesia

Barulah pada tahun 1978, setelah hampir 158 tahun menjadi warga negara Belanda, Ken Dedes diangkut kembali menuju Indonesia dan di tempatkan di Museum Nasional, Jakarta. Betapa bahagianya warga Indonesia melihat Ken Dedes dikembalikan ke negara asalnya. Hati warga Indonesia menjadi lega, dan tiap saat bisa memandangi kecantikan Putri Ken Dedes, kalau menginginkan.



Para pakar sejarawan dan pecinta seni purbakala juga menyambut riang karena patung tersebut merupakan satu-satunya patung Ken Dedes dari abad ke 13 yang masih tersisa. Bisa jadi memang tak terlalu berlebihan kalau patung Prajnaparamita itu disebut sebagai perwujudan dan sosok Ken Dedes.

0 Response to "Ken Dedes Ibunya Para Raja di Jawa"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (642) Sejarah (154) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut