3 Perlawanan Indonesia Melalui Organisasi Bikinan Jepang

Menghadapi keadaan yang serba sulit, maka para pemimpin bangsa Indonesia berjuang dengan menyesuaikan situasi dan kondisi. Dan salah satunya adalah dengan bentuk perlawanan melalui organisasi-organisasi bikinan Jepang.


3 Perlawanan Indonesia Melalui Organisasi Bikinan Jepang


1. PUTERA.
Putera adalah Pusat Tenaga Rakyat yang dibentuk pada 1 Maret 1943. Tujuan Jepang membentuk Putera yaitu agar kaum nasionalis dan intelektual menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk kepentingan Jepang.

Namun oleh para pemimpin bangsa Indonesia, PUTERA justru dimanfaatkan untuk membela rakyat dari kekejaman Jepang serta menggembleng mental dan semangat nasionalisme. Jepang memandang bahwa PUTERA lebih bermanfaat untuk kaum Indonesia, makanya pada bulan April 1944, PUTERA dibubarkan oleh Jepang.

2. Syuisyintai atau Barisan Pelopor.
Barisan Pelopor dimanfaatkan oleh kaum nasionalis sebagai penyalur aspirasi nasionalisme dan memperkuat pertahanan pemuda melalui pidato-pidatonya.

3. Chuo Sangi In atau Badan Penasehat Pusat.
Badan ini dibentuk pada tanggal 5 September 1943. Oleh para pemimpin Indonesia dimanfaatkan untuk menggembleng kedisiplinan.

0 Response to "3 Perlawanan Indonesia Melalui Organisasi Bikinan Jepang"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (618) Sejarah (153) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (13) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut