Kerajaan Islam Pertama di Indonesia Bukan Samudra Pasai

Memang sudah menjadi ciri khas kalau salah satu bukti perkembangan agama dan kebudayaan Islam di Indonesia adalah dengan berdirinya berbagai kerajaan yang bercorak Islam.

Setelah penyebaran Islam pertama kali di Pulau Sumatra, Islam semakin berkembang ke seluruh wilayah Indonesia. Penyebaran Islam tersebut menimbulkan perubahan sistem politik dan pemerintahan, ekonomi, sosial dan budaya bangsa Indonesia yang sebelumnya telah mengenal kebudayaan Hindu-Budha.

Selanjutnya, lahirlah beberapa kerajaan Islam di seluruh Indonesia sebagai akibat penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh para ulama dan para pedagang Islam.

Peureulak, Aceh Timur, Aceh, Indonesia (Google Maps)

Kerajaan Islam Pertama di Indonesia


Penyebaran agama Islam di Indonesia pertama kali dilakukan di Sumatra. Pada seminar Sejarah Islam di Medan pada tahun 1963 telah menyimpulkan bahwa kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah "Kerajaan Perlak".




Hasil dari seminar di Medan tersebut kemudian dikukuhkan dalam Seminar Sejarah Islam di Banda Aceh pada tahun 1978. Bukan sampai di situ saja berakhir.

Kesimpulan tersebut kemudian dikukuhkan lagi dalam Seminar Masuk dan Berkembangnya Islam di Aceh dan Nusantara pada tahun 1980 di Banda Aceh.

Laporan Marco Polo


Bukti sejarah adanya masyarakat dan kerajaan Islam pertama di Indonesia dilaporkan oleh Marco Polo dari Venezia yang singgah ke Kerajaan Perlak dalam perjalanannya pulang ke Italia pada tahun 1292.

Di Perlak, Marco Polo menjumpai adanya penduduk yang telah memeluk agama Islam dan pedagang Islam dari India yang menyebarkan agama Islam.




Dengan demikian, semakin kuatlah kesimpulan bahwa Kerajaan pertama di Indonesia adalah Kerajaan Perlak. Pendapat ini semakin dapat diterima karena keberadaan Kerajaan Perlak didukung oleh adanya sumber-sumber dan bukti-bukti sejarah.

Kerajaan Perlak berdiri tahun 840 M dengan rajanya yang pertama, Sultan Alaidin Syed Maulana Abdul Aziz Syah. Sedangkan Kerajaan Samudera Pasai terletak di Aceh, dan merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kerajaan ini didirikan oleh Meurah Silu pada tahun 1267 M.

Raja pertama Kerajaan Samudra Pasai adalah Sultan Malik al-Saleh.

Kerajaan Perlak atau Peureulak, terletak di Aceh Timur, Aceh, Indonesia.

Lazada Indonesia

0 Response to "Kerajaan Islam Pertama di Indonesia Bukan Samudra Pasai"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (591) Sejarah (150) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut