2 Arti Pancasila Sebagai Dasar Negara

Dasar negara bangsa Indonesia adalah Pancasila.Pancasila mampu menjadi dasar negara yang kuat serta kokoh, karena Pancasila ini berakar pada budaya bangsa Indonesia.

Ibarat sebuah bangunan, yang akan kokoh dan kuat kalau pondasinya juga kuat. Pondasi itulah yang dinamakan dengan dasar negara.

Apa jadinya jika bagunan yang berdiri tanpa pondasi? Tentu akan sangat mudah goyang dan runtuh. Makanya, sebuah bangunan memerlukan dasar atau fondasi.


Bagi sebuah negara, dasar negara menjadi landasan pokok dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dengan demikian, penyelenggaraan pemerintahan bisa terarah dan teratur.

Kegiatan bernegara harus memiliki landasan yang kuat. Hal tersebut penting terutama bagi sebuah negara yang baru. Dasar negara harus dirumuskan sebelum sebuah negara berdiri.




Pancasila Sebagai Dasar Negara


Pancasila sebagai dasar negara sangatlah penting.
  • Pancasila sebagai penentu arah dan cita-cita luhur bangsa Indonesia.
  • Pancasila sebagai tuntunan untuk menjalankan kehidupan bernegara.

Segenap wearga Indonesia harus menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Bila semua bisa melakukannya, maka cita-cita luhur bangsa Indonesia akan terwujud.
Cita-cita luhur yang dimaksuda adalah masyarakat adil dan makmur.





Sebelum menjadi dasar negara, Pancasila mengalami proses yang cukup panjang. Para pendiri bangsa Indonesia berjuang menyatukan tenaga dan pikiran.

Tujuannya adalah untuk mewujudkan Indonesia merdeka dengan dasar yang kuat. Dengan dasar yang kuat, Indonesia akan kokoh, Indonesia tidak akan terpecah belah.

0 Response to "2 Arti Pancasila Sebagai Dasar Negara"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (381) Sejarah (98) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (17) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Singkatan (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut