4 Penyebab Kerajaan Sriwijaya Maju Pesat

Kerajaan Sriwijaya memang dikenal sebagai negara nasional pertama. Kerajaan ini mulai melakukan perluasan wilayah pada masa kekuasaan Dapunta Hyang.

Beberapa daerah nusantara yang berhasil dikuasai oleh kerajaan Sriwijaya adalah pulau Sumatra, Semenanjung Melayu, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Kalimantan Barat.



Kemajuan pesat Kerajaan Sriwijaya ditunjang oleh beberapa faktor yang menguntungkannya.


4 Penyebab Kerajaan Sriwijaya Maju Pesat


1. Letaknya yang strategis pada jalur perdagangan India-Cina.

2. Sriwijaya telah menguasai Selat Malaka, Selat Sunda, Semenanjung Malaya, dan Tanah Genting Kra sebagai pusat perdagangan.





3. Hasil bumi Sriwijaya dan sekitarnya sebagai mata perdagangan yang berharga, terutama rempah-rempah dan emas tersedia banyak.

4. Armada lautnya kuat sehingga mampu menjalin hubungan dan kerjasama dengan Kerajaan India dan Cina.

Memang untuk menjaga wilayah lautnya yang sangat luas, Sriwijaya membangun armada laut yang kuat. Dengan demikian, perdagangan bisa berlangsung dengan aman.

Sehingga rakyatnya bisa hidup dengan aman dan makmur.

0 Response to "4 Penyebab Kerajaan Sriwijaya Maju Pesat"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (539) Sejarah (128) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut