Kerajaan Hindu-Budha Tertua dan Pertama di Indonesia

Apakah kerajaan Hindu pertama atau tertua di Indonesia? Jawabnya ya Kerajaan Kutai.

Banyak hasil penelitian yang menyebutkan bahwa kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah Kerajaan Kutai. Kerajan Kutai ini memiliki bentuk sistem politik yang bercorak Hindu-Budha yang pertama di Indonesia.


Berdasarkan berbagai sumber sejarah peninggalan Kerajaan Kutai berupa prasati bisa diketahui bahwa pengaruh awal agama dan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia.

Karena adanya pengaruh kebudayaan Hindu menyebabkan Kutai yang sebelumnya berbentuk suku berubah sistem pemerintahannya menjadi sebuah kerajaan.






Aspek Kehidupan Politik


Bukti adanya pengaruh India terhadap Kerajaan Kutai adalah penggunaan nama-nama India oleh pemimpin kerajaan dalam salah satu prasasti peninggalan Kerajaan Kutai.

Pada salah satu prasasti yang ditemukan telah disebutkan bahwa raja Kutai yang memerintah adalah Mulawarman, anak Aswawarman, cucu Kudungga. Dan Kudungga ini merupakan nama asli Indonesia.





Pada saat Kudungga berkuasa, diduga pengaruh kebudayaan Hindu belum ada. Selanjutnya, pada saat Aswawarman mulai berkuasa, pengaruh Hindu mulai tersebar.

Hal tersebut dibuktikan dalam prasasti yang menyebutkan bahwa Aswawarman disebut Wangsakarta yang menunjukkan pemakaian Bahasa Sansekerta.

Kerajaan juga sering disebut dengan Kutai Martadipura yang merupakan kerajaan bercorak hindu yang terletak di muara Kaman, Kalimantan Timur, tepatnya di hulu Sungai Mahakam.

0 Response to "Kerajaan Hindu-Budha Tertua dan Pertama di Indonesia"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (385) Sejarah (101) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (17) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Singkatan (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut