Kerajaan Hindu Tertua Kedua di Indonesia

Sudah diketahui bahwa kerajaan Hindu pertama dan tertua di Indonesia adalah Kerajaan Kutai. Atau lebih tepatnya adalah Kerajaan Kutai Martadipura yang merupakan kerajaan bercorak hindu yang terletak di muara Kaman, Kalimantan Timur, tepatnya di hulu Sungai Mahakam.

Setelah Kerajaan Kutai muncullah kerajaan Hindu yang kedua yang bernama Kerajaan Tarumanegara. Terletak di daerah Jawa Barat. Dengan ibukotanya ada di Kota Bogor sekarang.

Dalam sebuah sumber di Cina, Tarumanegara disebut dengan "Tolomo". Dan diperkirakan berdirinya hampir bersamaan dengan Kerajaan Kutai pada abad ke 5 M.






Aspek Politik


Dalam kehidupan politik, Kerajaan Tarumanegara ini diperkirakan muncul pada abad ke 5M berdasarkan bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa yang dipergunakan di prasasti-prasasti Kerajaan Tarumanegara.

Raja yang berkuasa adala Purnawarman, dengan wilayah kekuasaan hampir seluruh Jawa Barat. Hal terebut diperkuat dengan penemuan-penemuan prasasti yang ada.






Purnawarman sangat cakap dan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Rakyat bisa hidup sejahtera, aman dan tentram.

Pengaruh agama Hindu dan adanya sumber sejarah Cina membuktikan bahwa Kerajaan Tarumanegara telah mengadakan hubungan dengan luar negeri. Oleh karena itu, kehidupan masyarakat Tarumanegara maju di bidang ilmu pengetahuan dan perdagangan.

0 Response to "Kerajaan Hindu Tertua Kedua di Indonesia"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (435) Sejarah (125) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (18) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut