Apa Peran Politik Indonesia di Era Globalisasi

Indonesia adalah negara yang memiliki peran politik yang besar. Perang tersebut terlihat dari patisipasi Indonesia melalui perbagai organisasi internasional.

Indonesia sebenarnya berperan secara bebas tanpa pengaruh dan tekanan dari pihak asing. Selain itu, Indonesia juga sangat aktif dan banyak terlibat dalam kegiatan berbagai organisasi internasional.

Nah, semua itu merupakan peran politik Indonesia dalam dunia internasional.

Indonesia memang negara yang belum semaju negara barat, namun peranannya dalam dunia internasional sangatlah besar.
Lalu bagaimana peran politik Indonesia dalam menghadapi era globalisasi?

Globalisasi bisa diartikan sebagai proses mendunia atau menjadi satu dunia. Dalam era globalisasi, sesuatu yang terjadi di suatu negara dapat langsung dilihat atau diketahui oleh negara lain.




Era globalisasi menjadi tantangan bagi semua negara. Semua negara dihadapkan pada berbagai persoalan dunia. Persoalan tersebut termasuk juga dalam bidang politik.

Indonesia dalam menghadapi keadaan di atas, Indonesia telah menjalin hubungan dengan negara lain di luar organisasi yang disebutkan. Oleh karena itu, Indonesia memiliki peran politik yang cukup luas dengan bebagai organisasi

Peran Indonesia di era globalisasi ditunjukkan dalam menyikapi peristiwa dunia. Indonesia turut aktif dalam menyikapi permasalahan dan isu-isu negatif yang bersifat global.




Salah satu contoh peran politik Indonesia dalam menyikapi isu global yaitu kecaman terhadap penyerangan Pelestina oleh Israel. Penyerangan tersebut terjadi pada bulan Agustus 2006.

Indonesia adalah negara yang cinta damai, oleh karenanya Indonesia juga turut mengambil sikap terhadap masalah tersebut.

0 Response to "Apa Peran Politik Indonesia di Era Globalisasi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (643) Sejarah (155) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut