Apa Arti Globalisasi

Globalisasi berasal dari kata globe, yang artinya bola dunia/bumi atau tiruan bumi dan sasi yang artinya adalah proses. Globalisasi berarti proses menyatunya warga dunia secara umum menjadi sebuah kelompok masyarakat dunia.

Proses mendunia ini berlangsung terus-menerus karena adanya kemajuan teknologi transportasi serta teknologi informasi dan komunikasi sehingga jarak antar negara yang satu dengan yang lain menjadi semakin dekat.

Misalnya saja, peristiwa bencana alam tsunami di Aceh dapat dilihat melalui siaran televisi. Hal tersebut bisa membangkitkan rasa kemanusiaan seluruh dunia atas apa yang terjadi.






Kemajuan teknologi transportasi, seperti adanya pesawat yang menyebabkan manusia bisa bepergian dari satu tempat ke tempat lain dengan cepatnya.




Teknologi internet dan telepon genggam menyebabkan manusia dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berada di tempat yang jauh dengan cepat.

Kita adalah manusia yang bertempat tinggal di suatu tempat. Kita adalah warga negara Indonesia. Kita merupakan warga masyarakat suatu daerah, warga masyrakat Indonesia dan juga sebagai warga masyrakat dunia.




Orang mengatakan bahwa kita ini juga warga masyarakat global. Alasannya adalah kemajuan teknologi, komunikasi, informasi dan transportasi menyebabkan kita saling mengenal baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Globalisasi berlangsung melalui media masa, pariwisata internasional, lembaga perdagangan, dan kemajuan sarana transportasi, komunikasi dan informasi.

0 Response to "Apa Arti Globalisasi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (481) Sejarah (125) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut