7 Macam Bentuk Mata Topeng dan Artinya

Topeng yang dipakai dalam dunia seni topeng memiliki arti tersendiri mulai dari orang yang baik hingga orang yang tidak baik. Watak dari topeng harus dikenali lewat bentuk mata yang ada.

Contohnya adalah bentuk mata kopikan, dimana dia ini memiliki bentuk seperti bulan separoh. Menggambarkan punakawan tertentu seperti semar yang bijak, arif, luhur, budi dan humoris.





Macam-macam bentuk mata pada topeng adalah sebagai berikut:

1. Gabahan.

Berbentuk seperti butir padi atau gabah. Hal ini menggambarkan raja, satria, atau putri yang jujur, sabar, lembut dan perwira.

2. Kedhelan.

Berbentuk seperti biji kedelai. Menggambarkan tokoh raja atau satria perwira yang tangkas, jujur, pemberani dan gagah berani.

3. Thelengan.

Biji mata membelalak bulat dan besar. Menggambarkan tokoh raja atau satria tangguh, pantang mundur, gagah dan berani.

4. Plelengan.

Biji mata melotot, bulat besar dan setengah menonjol. Menggambarkan golongan raksasa, binatang buas yang bersifat keji, angkara murka dan punakawan bagong yang sembrono dan humoris.




5. Penanggalan.

Berbentuk melengkung menyerupai bulan sabit. Menggambarkan tokoh yang culas, licik, dan tidak jujur.

6. Kriyipan.

Bentuk mata sipit, ngriyip. Menggambarkan punakawan tertentu seperti penthul dan tembem yang setia, penuh pengabdian dan humoris.

7. Koplikan.

Berbentuk seperti bulan separoh. Menggambarkan punakawan tertentu seperti semar yang bijak, arif, luhur, budi dan humoris.

0 Response to " 7 Macam Bentuk Mata Topeng dan Artinya "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (541) Sejarah (131) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut