7 Macam Tumbuhan yang Terancam Punah

Di dunia ini, selain manusia, juga terdapat makhluk hidup lain yaitu hewan, tumbuhan. Makhluk hidup yang bernama tumbuhan ini sangat pentimg artinya untuk kehidupan manusia.

Tanaman bisa menghasilkan gas yang sangat diperlukan oleh manusia. Setiap hari tanpa disadari manusia dan hewan menghirup oksigen O2 yang dihasilkan dari tanam-tanaman.

Tak terbayangkan bagaiman jadinya kalau di bumi ini tumbuhan tidak ada sama sekali. Perlahan-lahan memang sekarang sedang banyak penebangan tanaman tanpa reboisasi lagi.

Di kota Surabaya, walikotanya sedang giat-giatnya menggalakkkan program penghijauan. Pemerintah khawatir akan meningkatnya polusi udara tanpa diimbangi dengan banyaknya penghijauan.

Di Indonesia, ada beberapa tanaman yang dilindungi karena keberadaannya kian menipis. Apa saja tanaman yang dilindungi oleh pemerintah? Dan apa saja tanaman yang mulai punah keberadaannya?

Berikut ini ada tujuh macam jenis tanaman yang mulai punah di Indonesia.





1. Pohon jati.


Biasa dibuat perabotan rumah tangga seperti kursi dan meja karena kayu jati ini memang lebih awet serta kuat.

2. Amorphophallus titanum.


Tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia. Bunganya mengeluarkan bau seperti bangkai. Tempat hidupnya di daerah Sumatra.

3. Raflesia arnoldi.


Bunganya mengeluarkan bau seperti bangkai dan berukuran besar. Bunganya adalah satu-satunya organ tumbuhan yang bisa dilihat dengan mata.






4. Kantong Semar.


Tumbuhan ini tumbuh di daerah yang kekurangan unsur nitrogen. Hutan di Tangkuban Perahu, Jawa Barat, merupakan salah satu tempat hidup kantong semar.

5. Cendana.


Ditemukan di Nusa Tenggara Timur. Sering digunakan sebagai rempah-rempah dan sebagai pengharum. Harganya terbilang mahal.

6. Aquilaria sp.


Tumbuhan penghasil kayu gaharu. Gaharu memiliki kandungan kadar damar yang wangi sehingga dijuluki "emas beraroma dari hutan". Tempat hidupnya di hutan pedalaman Kalimantan. Harganya sangat mahal dan dicari banyak orang.

7. Meranti.


Merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sulit dicari dipasaran. Perkembangbiakannya sangatlah lama, sehinggaterancam punah.

0 Response to "7 Macam Tumbuhan yang Terancam Punah"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (381) Sejarah (98) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (17) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Singkatan (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut