Keunikan Tari Pakarena dan Huda-Huda

Setiap daerah di Nusantara memiliki tari tersendiri dengan gerak, busana, dan perlengkapan tari dengan ciri khas yang berbeda-beda antar tiap daerah.

Tarian tradisional Nusantara terdapat sesuatu yang sangat unik. Keuniklan tersebut dapat kita lihat melalui gerak, busana dan perlengkapan lainnya.





Tari Pakarena


Ditarikan sebagai bentuk penghormatan kepada Batara Guru. Busana dan perlengkapan yang digunakan seperti simak-simak (ikat lengan), tiger're tedong (leher kebau atau gelang panjang).


Kemudian ada gelang caddi (gelang kecil), geno (kalung), kipasa (kipas), bunga warna warni, baju (baju pendek dan panjang). Tari Pakarena ini beradal dari daerah Sulawesi Selatan.




Tari Huda-Huda


Tari ini berasal dari daerah Batak. Tarian ini gerakannya berkaitan dengan burung Enggang atau hornbill yang oleh masyarakat Batak dianggap sebagai burung keramat.

Tarian ini dibawakan oleh penari pria yang mengenakan topeng berbentuk kepala burung Enggang dengan paruh besar. Sedangkan ekornya menyerupai kuda, gerakan melangkahnya mirip dengan seekor kuda.

0 Response to "Keunikan Tari Pakarena dan Huda-Huda"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (591) Sejarah (150) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut