4 Bagian-Bagian Lapisan Tanah dari Kerak Bumi

Tanah warnanya agak gelap dan merupakan lapisan paling atas dari permukaan bumi ini. Tanah sangat diperlukan untuk makhluk hidup untuk keberlangsungan hidupnya.

Tanah terdiri dari batu-batuan serta sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati. Batu-batu tersebut lama kelamaan akan mengalami pelapukan.

Tanah merupakan bagian dari kerak bumi. Apa saja bagian-bagian dari kerak bumi ini?

4 Bagian-Bagian Tanah dari Kerak Bumi


1. Lapisan atas.

Tanah yang terbentuk dari pelapukan batu-batuan serta sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati. Lapisa inilah yang paling susur sehingga bisa ditanami tumbuh-tumbuhan.

2. Lapisa tengah.

Terbentuk dari campuran antara hasil pelapukan batuan dan air. Lapisan ini terbentuk karena sebagian bahan lapisan atas terbawa oleh air dan mengendap. Lapisan inilah yang biasa disebut dengan tanah liat.




3. Lapisan bawah.

Merupakan lapisan yang terdiri dari bongkahan-bongkahan batu. Si sela-sela bongkahan batu tersebut, terddapat hasil pelapukan batuan. Jadi masih ada batu yang belum melapuk secara sempurna.

4. Lapisan batu induk.

Merupakan bebatuan yang padat dan keras. Memang demikian agar tanah yang ada di atas bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

0 Response to "4 Bagian-Bagian Lapisan Tanah dari Kerak Bumi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (591) Sejarah (150) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut