4 Macam Gaya dalam IPA dan Dunia

Macam-macam gaya sering kalian temukan di sekitar lingkungan tempat tinggal. Di pasar tradisional, kalian bisa melihat orang-orang yang mendorong gerobak atau menarik gerobak.

Bahkan ada juga orang-orang yang memikul barang dagangannya. Di pedesaan juga bisa ditemukan kerbau yang menarik gerobak atau orang yang sedang menimba air.

Apakah kalian memiliki tempat pensil bermagnet? Coba dekatkanlah magnet penutup pensel tersebut pada paku, jarum atau peniti. Apa yang terjadi?

Pohon-pohon di sekitar tempat tinggal kita, daunnya akan berjatuhan jika sudah kering. Lalu buah kelapa dan durian jika sudah matang akan jatuh ke tanah.

Apakahj yang menyebabkan durian dan buah kelapa tadi jatuh ke tanah? Untuk lebih memahaminya, simak penjelasn di bawah ini karena sebenarnya ada tiga macam gaya yang ada di dunia ini.




1. Gaya Gesek.

Gaya bisa menyebabkan benda diam menjadi bedrgerak. Selain itu, juga menyebabkan benda yang bergerak menjadi terhambat, bahkan lama-lama berhenti bergerak.

Gaya gesek timbul karena persentuhan antara dua permukaan. Coba perhatikan ban sepeda kalian, dimana ban yang lama berbeda dengan yang baru. Ban yang telah lama dipakai akan aus atau gundul.

Hal tersebut dikarenakan ban selalu bersentuhan dengan permukaan jalan. Selama ban bergerak, terdapat gaya yang berlawanan arah dengan arah gaya gerak kendaraan. Gaya inilah yang disenut dengan gaya gesek.

2. Gaya pegas.

Coba amati gelang karet. Jika karet kalian tarik, maka akan memanjang. Setelah tarikan dihilangkan, maka akan kembali ke bentuk semula. Gaya yang mengembalikan bentuk karet gelang tersebut yang dinakan gaya pegas.

Contoh lain adalah per.





3. Gaya magnet.

Magnet jika didekatkan ke paku payung maka akan menempel. Magnet memiliki sifat dapat menarik benda-benda yang terbuat dari besi. Gaya magnet banyak digunakan untuk membantu pekerjaan manusia.

Ada alat yang menggunakan magnet yang sangat besar untuk mengangkut sampah-sampah besi yang akan dikumpulkan di suatu lokasi yang dituju.

4. Gaya gravitasi (gaya tarik bumi).

Bola yang dilempar lama kelamaan akan jatuh ke tanah. Daun yang kering akan jatuh ke tanah karena adanya gravitasi yang menyebabkan mereka jatuh.

Itulah keempat macam gaya yang ada didunia ini.

0 Response to "4 Macam Gaya dalam IPA dan Dunia"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (413) Sejarah (125) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (18) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut