Manfaat Air dan 3 Cara Menghematnya

Air adalah sesuatu yang sangat penting bagi tubuh manusia. Sekitar sembilan puluh persen tubuh manusia terdiri dari air.

Air digunakan untuk minum sehari-hari. Dan tanpa air, manusia tidak akan mampu bertahan untuk hidup di dunia ini. Masih adakah manfaat air lainnya selain itu?

Air yang keluar dari mata air akan mengalir ke daerah yang lebih rendah. Mata air banyak ditemukan di kaki gunung. Untuk memanfaatkan air, dibuatlah bendungan-bendungan.

Bendungan berfungsi untuk mengatur pembagian air.





Air yang ditampung oleh bendungan dapat dimanfaatkan untuk irigasi. Irigasi ini juga sangat penting bagi pak tani, agar pak tani menjadi mudah mengairi lahan pertaniannya.

Selain itu, bendungan dapat juga dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik. Air tersebut bisa digunakan untuk memutar turbin. Sedangkan turbin tersebut untuk mengubah energi air menjadi energi lkistrik.

Energi listrik dapat memudahkan kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari.




Meskipun air tidak akan habis, namun kita harus senantiasa menghematnya. Usaha-usaha yang harus dilakukan untuk menghemat air adalah sebagai berikut:

1. Gunakan air secukupnya ketika mandi, mencuci piring dan mencuci pakaian.

2. Ketika menyiram tanaman, air jangan sampai menggenangi tanah.

3. Sebaiknya mandi menggunakan pancuran.

0 Response to "Manfaat Air dan 3 Cara Menghematnya"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (435) Sejarah (125) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (18) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut