4 Alternatif Kapan Hari Jadi Kota Surabaya

Warga kota Surabaya sangat terkenal akan keberaniannya. Bukan cuma sekarang saja, namun sudah sejak zaman dahulu kala ketika warga yang dipimpin Raden Wijaya dengan gagah berani mengusir tentara Cina.

Kita lihat, bonek mania juga begitu berani sekali memberikan semangat juang kepada Persebaya meskipun letak daerah pertandingannya sangatlah jauh. Hanya berbekal tekad mendukunglah akhirnya keberanian tersebut muncul.




Bukan itu saja, sejarah telah membuktikan bahwa warga Surabaya dan sekitarnya telah berhasil menghalau musuh-musuhnya yang akan menguasai kota Surabaya.

Bahkan Jendral Mallaby, seorang pemimpin sekutu telah tewas dalam pertempuran. Karena kepahlawanannya ini, sangat pas kalau kota Surabaya disebut sebagai kota Pahlawan.


Mengutip hasil rapat dari Komisi A DPRD tingkat II Kotamadya Surabaya, telah didapatkan tiga alternatif dalam menentukan hari jadi kota Surabaya.

4 Alternatif Kapan Hari Jadi Kota Surabaya


1. 31 April 1293.

Yaitu keberhasilan Raden Wijaya dan pasukannya dalam mengusir tentara Tar-tar.







2. 11 September 1294.

Yaitu saat penganugerahan tanda jasa kepada kepala desa dan warga Desa Kudadu atas jasa-jasanya membantu Raden Wijaya.

3. 7 Juli 1358.

Sebuah tanggal yang tercantum dalam prasasti Trowulan yang menyebutkan nama Surabaya dengan tulisan Churabhaya selaku naditira pradeca sebagai salah satu tempat pelabuhan interinsuler.

4. 31 Mei.

Akhirnya tanggal inilah yang ditetapkan sebagai hari jadi kota Surabaya.

0 Response to "4 Alternatif Kapan Hari Jadi Kota Surabaya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (642) Sejarah (154) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut