Dimanakah Letak Candi Dermo

Sebuah candi yang dibangun pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit dengan rajanya Hayam Wuruk. Dibangun pada tahun 1353, sebagai bukti betapa luasnya Kerajaan Majapahit.

Candi Dermo merupakan situs Hindu Budha yang terletak di Dusun Santren, Desa Candi Negoro, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, provinsi Jawa Timur, Indonesia.





Batas-batas dari situs ini adalah batas utara, musola. Sedangkan bagian barat, selaran dan timur berbatasan dengan pemukiman warga setempat.

Candi Dermo terletak di daerah Sidoarjo, masuk ke dalam lingkungan wilayah Kadipaten Terung. Dahulunya sengaja dibangun atas perintah Raja Hayam Wuruk.

Proses pembangunannya di bawah pimpinan Adipati Terung, Raden Kusen yang merupakan saudara dari Raden Patah.





Di dalam candi Dermo ini terdapat empat buah arca, namun sekarang tinggal tiga arca saja. Yang satunya telah handur dimakan usia dan kurang perawatan.

Candi Dermo memiliki tinggi 11,05 meter, panjang 10,84 meter dan lebar 10,77 meter.

0 Response to "Dimanakah Letak Candi Dermo"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (541) Sejarah (131) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut