Planet Terbesar Dalam Tata Surya

Planet selalu beredar mengelilingi matahari dalam suatu lintasan planet yang sering disebut dengan lintasan orbit yang bentuknya seperti elips.

Ada sebanyak 8 planet yang mengelilingi matahari dengan masa rotasi dan masa revolusi yang berbeda-beda. Tata surya adalah kumpulan benda langit yang berputar mengelilingi matahari.

Selain planet, ada benda langit lain seperti bulan, asteroid, meteorid, dan komet.

Plane Terbesar


Planet yang terbesar adalah planet yang bernama Yupiter. Besarnya saja 11 kali dari bumi sehingga sering disebut planet raksasa karena saking besarnya.





Planet Yupiter berputar dengan cepat pada porosnya jika dibandingkan perputaran planet-planet lain. Kecepatan rotasi tersebut menyebabkan Yupiter lebih lebar pada bagian ekuator.

Atmosfer Yupiter sebagian besar terdiri dari hidrogen dan sisanya helium. Atmosfer yang ada di planet Yupiter sangatlah tebal, sehingga Yupiter itu tampak seperti bola gas raksasa.






Planet Yupiter juga memiliki satelit sebanyak 16 buah satelit dan 4 satelit terbesarnya secara berurutan adalah sebagai berikut.
1. Ganymede.
2. Callisto.
3. Europa.
4. Io.

Planet Yupiter jaraknya dari matahari adalah 778 juta kilometer, diameternya 142.700 km, sedangkan suhu rata-rata di planet Yupier yairu -150 derajat celcius.

0 Response to "Planet Terbesar Dalam Tata Surya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (642) Sejarah (154) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut