3 Fungsi Aturan atau Norma Dalam Masyarakat

Tahukah kalian bahwa aturan dalam masyarakat memiliki arti penting bagi terciptanya ketertiban dan keharmonisan masyarakat. Norma-norma dalam masyarakat terbentuk karena adanya perbedaan individu.


Manusia sebagai makhluk individu, juga memiliki kepribadiab, kepentingan, tujuan hidup yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya.

Nah, agar semua perbedaan tersebut tidak menimbulkan perpecahan dan ketidaktertiban dalam masyarakat, maka dibuatlah peraturan atau norma.




Fungsi Norma atau Aturan Dalam Masyarakat


1. Pedoman dalam bertingkah laku.

Norma memuat aturan tingkah laku masyarakat dalam pergaulan sosial.

2. Menjaga kerukunan anggota masyarakat.

Norma mengatur agar perbedaan dalam masyarakat tidak menimbulkan kekacauan atau ketidaktertiban.

3. Sistem pengendalian sosial.

Tingkah laku masyarakat akan diawasi dan dikendalikan oleh aturan yang berlaku.





Dalam kehidupan sosial, pasti ada norma yang mengatur kehidupan tersebut. Sebagai makhluk sosial, manusia lahir, berkembang dan meninggal dunia dalam masyarakat.

Setiap individu berinteraksi dengan individu atau kelompok lainnya. Interaksi yang dilakukan oleh manusia tersebut senantiasa didasari oleh norma yang berlaku dalam masyarakat.

0 Response to "3 Fungsi Aturan atau Norma Dalam Masyarakat"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (642) Sejarah (154) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut