5 Orang Ilmuwan Hebat Bidang Ilmu Pengetahuan Alam

Tahukah kalian, bahwa ada beberapa orang yang sangat hebat sepanjang masa. Beliau-beliau ini adalah ilmuwan yang mengembangkan pola-pola pengamatan dalam mempelajari ilmu pengetahuan alam.

Penyelidikan dan pengamatan, mereka lakukan demi ilmu pengetahuan alam yang melibatkan sejumlah proses, yang antara lain adalah mengamati, membuat referensi, dan mengomunikasikan.

Pengukuran merupakan suatu bagian dari pengamatan. Yaitu membandingkan besaran dengan besaran sejenis sebagai satuan, menghasilkan ukuran yang terdiri atas nilai dan satuan.

Mengukur ini pastinya menggunakan alat ukur yang sesuai dengan besaran yang diukur. Besarannya terdiri dari besaran pokok dan turunan.

Nah, dengan ketekunan mereka inilah maka ilmunya bisa kita nikmati sampai sekarang. Sebut saja ilmuwan yang bernama Galileo Galilei. Beliaulah ilmuwan pertama kali memperkenalkan metode pendekatan ilmiah di eropa.

Lalu siapa lagi imuwan hebat lainnya? Berikut ini lima ilmuwan hebat sepanjang masa yang terus menerus diingat oleh anak cucunya termasuk kita.

1. Robert Grosseteste (1170-1253).


Perintis teori ilmiah. Beliau memperkenalkan metode analisis, penggunaan pengamatan, percobaan, dan penyimpulan dalam membuat evaluasi ilmiah.
Beliau juga banyak mengacu pada pemikiran Platonis dan Aristotelian.





2. Francis Bacon(1560-1626).


Dikenal sebagai Bapak Ilmu Kealaman yang mempunyai ajaran bahwa kebenaran harus dengan menggunakan pengumpulan fakta sebanyak-banyaknya, kemudian baru menarik kesimpulan.
Metode induktif pertama kali diterapkan oleh Bacon.

3. Galileo Galilei (1564-1642).


Ilmuwan yang pertama kali memperkenalkan metode pendekatan ilmiah di eropa. Penemuannya yang terkenal adalah penelitian kembali terhadap teori Coppernicus tentang Heliosentrisme dengan menggunakan teleskop dan matematika.

Melalui pendekatan saintifiknya, ia berhasil menunjukkan bahwa teori geosentrisme yang dianut orang, ternyata salah dan tidak berdsasarkan pada pengamatan ilmiah.






4. Anthony Van Leeuwenhoek (1632-1723).


Penemu pertama kali mikroskop. Beliau melakukan penelitian di bidang IPA yang ditunjang dengan hasil penelitian.

5. Al-Kindi (796 M-..).


Beliau meneliti banyak obyek IPA, dan berhasil menjelaskan secara rinci proses kimia, seperti penyaringan dan penyulingan.

Itulah kelima ilmuwan hebat sepanjang masa dalam bida ilmu pengetahuan alam.

0 Response to "5 Orang Ilmuwan Hebat Bidang Ilmu Pengetahuan Alam"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (482) Sejarah (125) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut