17 Istilah-Istilah Dalam Sepak Bola Lengkap

Football atau sepakbola merupakan olahraga yang paling banyak digemari oleh orang sedunia. Coba lihat saja ketika ada perhelatan sepakbola dunia semisal euro.

Maka di manapun akan ada orang yang menonton pertandingan sepakbola ini. Mereka sangat antusias bahkan sampai berkelompok, berkumpul di satu tempat untuk menyaksikan bersama-sama.

Di Indonesia sendiri, sepakbola juga demikian adanya, sangat populer di kalangan muda maupun tua. Anak-anak kecil pun sering terlihat main bola di lapangan ketika libur sekolah.

Perlu diketahui, ada beberapa istilah-istilah yang sering disebutkan dalam bidang olahraga sepakbola ini. Ada istilah offside, free kick dan sebagainya.

Mungkin ada diantara kalian yang belum mengetahui istilah-istilah yang ada di sepakbola ini. Sangat cocok jika Anda berkunjung kemari.

Berikut ini daftar istilah-istilah dalam bidang sepakbola

1. Offside.

Mungkin Anda sudah tahu apa itu offside. Offside merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh sebuah tim yang salah satu atau banyak pemainnya berada di belakang garis pertahanan lawan, dalam wujud pelanggarannya seorang linesman akan mengangkat bendera offside apabila terjadi offside.

2. Pressing.

Pressing adalah suatu cara yang dilakukan oleh pemain atau sebuah tim untuk menekan penguasaan bola dari lawan. Dalam artian tidak memberikan celah sedikitpun bagi lawan untuk menyerang daerah pertahanan kita.






3. Juggling

Ini merupakan sebutan untuk proses mengangkat bola dengan kaki, sama hal nya dengan takraw, bola dalam juggling dimainkan di kaki oleh satu atau banyak orang dengan mengangkat bola berkali-kali.

4. Free Kick

Yaitu sebutan untuk tendangan bebas. Tendangan bebas terjadi jika seorang pemain dilanggar oleh lawannya di luar kotak penalti.
5. Fair Play

Fair play merupakan peraturan yang diberlakukan oleh FIFA (Federasi Sepakbola Dunia) dalam rangka menciptakan permainan yang adil dalam se-pakbola. Slogannya adalah "My Game is Fair Play", yang biasanya sering kita lihta jika pertandingan resmi akan segera dimulai.

6. Heading

Heading adalah sebutan untuk meyundul bola. Salah satu pesepakbola yang mempunyai kemam-puan mumpuni dalam menyundul bola adalah pemain asal Portugal, Cristiano Ronaldo.

7. Passing

Merupakan proses memberikan atau mengum-pan bola ke-pada teman se-tim. Passing terdiri atas, long pass, back pass, short pass. Salah satu pesepakbola yang memiliki kemampuan luar biasa dalam mengumpan bola adalah Steven Gerrard.





8. Dribbling

Yaitu proses menggiring atau membawa bola dengan kaki. Salah satu -pemain yang mempunyai skill hebat dalam men-dribbling bola adalah Lionel Messi. Saking hebatnya, Messi -pernah mencetak gol dengan melakukan dribbling hingga melewati 5 pemain, dan gol tersebut miri-p dengan apa yang pernah dilakukan oleh Diego Maradona.

9. Overlapping

Adalah seorang pemain berpindah posisi untuk membantu timnya dalam menyerang pertahanan lawan.

10. Crossing

Ialah memberikan umpan silang kepada teman se-tim untuk mencetak gol ke gawang lawan.
11. Blunder

Istilah bagi pemain yang melakukan kesalahan, seperti kiper yang gagal dalam menangkap bola dengan sempurna sehingga mengakibatkan gawangnya kebobolan.


12. Kickoff

Adalah Awal atau dimulainya sebuah pertandingan

13. Quattrick

Adalah Pemain yang mencetak 4 gol dalam 1 laga/pertandingan

14. Capolista

Yaitu sebutan untuk tim yang memuncaki klasemen Liga Italia

15. Assist

Adalah Pemain yang telah berjasa memberikan umpan kepada kawan setimnya sehingga berbuah gol.

16. Agregat

Jumlah skor setelah bertanding antar kandang dan tandang.

17. Hattrick

Adalah Pemain yang mencetak 3 gol dalam satu pertandingan.

Itulah daftar istilah-istilah yang ada dalam sepakbola.

0 Response to "17 Istilah-Istilah Dalam Sepak Bola Lengkap"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (385) Sejarah (101) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (17) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Singkatan (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut