9 Nama-Nama Walisanga dan Nama Aslinya

Walisanga atau orang jawa menyebutnya dengan wali songo merupakan wali yang jumlahnya ada sembilan. Mereka orang-orang pilihan yang memiliki pengetahuan agama tinggi.

Memang perkembangan Islam di Indonesia, khususnya di tanah jawa, tak lepas dari peranan walisanga sebagai penyebar agama Islam yang sabar dan santun.


Di kota Surabaya, ada Sunan Ampel yang sangat hebat. Makam beliu banyak dikunjungi oleh warga dari dalam dan luar negeri. Putra beliaupun banyak juga yang menjadi orang berilmu agama tinggi.






Berikut ini nama-nama wali sanga beserta nama aslinya beliau. 9 Nama-Nama Walisanga dan Nama Aslinya.


1. Sunan Bonang - Raden Maulana Makdum Ibrahim.
2. Sunan Giri - Raden Paku / Ainul Yaqin.
3. Sunan Ampel - Raden Rahmad.
4. Sunan Drajat - Raden Qosim Syarifuddin.
5. Sunan Muria - Raden Syaid.
6. Sunan Gunungjati - Fatahillah / Syarif Hidayatullah.
7. Sunan Gresik - Maulana Malik Ibrahim.
8. Sunan Kudus - Raden Ja'far Shodiq.
9. Sunan Kalijaga - Raden Mas Syahid.

Sunan Kalijaga adalah Sunan yang sangat terkenal di Indonesia. Bersama dengan Sunan Bonang, mereka menyebarkan agama Islam dengan cara melalui kebudayaan tanah jawa.

Oleh karena itu, ajaran mereka otomatis makin dimengerti oleh rakyat jawa pada waktu itu. Salah satu peninggalan beliau adalah budaya wayang.

0 Response to "9 Nama-Nama Walisanga dan Nama Aslinya"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (411) Sejarah (125) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (18) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut