Asal Usul Pencak Silat

Di Indonesia istilah pencak silat baru mulai digunakan setelah berdirinya top organisasi pencak silat atau IPSI. Sebelumnya di daerah Sumatera dikenal dengan istilah silat.
Sedangkan di tanah jawa kebanyakan dikenal dengan istilah pencak silat.



Pada periode kepimpinan Eddie M. Nalapraya, Indonesia sebagai pendiri memiliki hasrat untuk mengembangkan pencak silat ke mancanegara dengan mengambil prakarsa pembentukan dan pendirian Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (PERSILAT) pada tanggal 11 Maret 1980 bersama Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.


Keempat negara tersebut akhirnya dinyatakan sebagai negara-negara pendiri internasional pencak silat.

Upaya pengembangan pencak silat yang dipelopori Indonesia dan anggota PERSILAT lainnya sampai saat ini berhasil menambah anggota PERSILAT.






Penambahan anggota ini memberikan dampak pada usaha IPSI dan anggota PERSILAT lainnya untuk memasukkan pencak silat ke multi event di tingkat asia yaitu Sea Games, dengan membentuk organisasi pencak silat asia pasifik pada bulan oktober 1999.


Organisasi pencak silat di Indonesia yang disebut dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia disingkat IPSI didirikan pada tanggal 18 mei 1948 di Surakarta, diprakarsai oleh Mr. Wongsonegoro yang saat itu menjadi sebagai ketua Pusat Kebudayaan.

0 Response to "Asal Usul Pencak Silat"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (643) Sejarah (155) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut