Pengertian dan Asal Usul Permainan Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan cabang olahraga yang termasuk ke dalam kelompok olahraga permainan. Permainan bulu tangkis dapat dimainkan di dalam maupun di luar lapangan.

Di atas lapangan yang dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu. Lapangan bulu tangkis dibagi mnjadi dua sama besar dan dipisahkan oleh net.


Alat yang dipergunakan adalag sebuah raket sebagai alat pemukul serta shuttlecock sebagai bola yang dipukul.

Menurut sejarah, permainan bulu tangkis berasal dari permainan yang bernama pooba dan berasal dari India. Oleh beberapa perwira tentara Kerajaan Inggris dan dikembangkan di sana.

Pada tahun 1873, permainan ini dimainkan di taman istana milik Duke de Beaufort di Badminton Gloucerter Shore, hingga karenanya permainan ini kemudian diberi nama badminton.


Badminton atau bulu tangkis kemudian berkembang di banyak negara dan masuk ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Belanda.




Karena perkembangannya sangat pesat, maka didirikan organisasi internasional dan diberi nama International Badminton Federation atau disingkat IBF.



Pada tanggal 5 Juli 1934, IBF dibentuk dan beranggotakan persatuan-persatuan bulu tangkis dari beberapa negara.

Di Indonesia, telah dibentuk organisasi induk tingkat nasional yaitu Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia yang disingkat PBSI pada tanggal 5 Mei 1951.

Kemudian pada tahun 1953, Indonesia menjadi anggota IBF dan dengan demikian berhak untuk mengikuti pertandingan-pertandingan taraf internasional.

0 Response to "Pengertian dan Asal Usul Permainan Bulu Tangkis"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (411) Sejarah (125) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (18) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut