Pengertian dan Asal Usul Sepak Bola

Apakah kalian suka berolahrga? Kalau iya, apa olahraga favorit kalian? Mungkin sepakbola ada yang menjadi favorit kalian karena sepakbola sangat terkenal di Indonesia.

Apa itu sepak bola?
Sepakbola adalah olahraga merakyat yang merupakan suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola kesana-kemari untuk diperebutkan para pemain yang jumlahnhya ada 11x2 orang. Para pemain berusaha keras dan bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan.

Namun mereka juga berusaha mempertahankan gawangnya sendiri agar tidak kemasukan bola.

Sepakbola merupakan permainan dua regu yang masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2x25) menit dengan waktu istirahat 10 menit diantara dua babak tersebut.

Dalam permainan ini, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang saja yang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan di daerah gawangnya sendiri.


Asal Usul Sepakbola


Kita telah mengenal beberapa sebutan sepakbola. Pada zaman dahulu, pada masa pemerintahan Dinasti Han, sepakbola dikenal dengan istilah tanchu. Sedangkan di Italia pada zaman Romawi dikenal sebagai haspartun. Kemudian menyebar ke Normandia dan Britania (Inggris) dan dikenal dengan istilah choule.

Selanjutnya di Yunani Kuno dikenal dengan istilah epishyros, dan di Jepang dikenal dengan istilah Kemari.

Pada tanggal 26 Oktober 1863 didirika sebuah badan yang disebut sebagai "English Football Assosiation". Kemudian tanggal 8 Desember 1863 lahirlah peraturan permainan sepakbola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan.






Atas inisiatif Guerin PPerancis), pada tanggal 21 Mei 1904 berdirilah federasi sepakbola internasional dengan nama "Federation International de Football Assosiation" atau FIFA.

Atas inisistif Julies Rimet pada tahun 1930, diselenggarakan kejuaraan dunia sepakbola pertama di Montevideo, Uruguay. Kejuaraan tersebut diadakan 4 tahun sekali.

Pada tanggal 19 April 1930 dibentuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia atau PSSI di Yogyakarta dengan dukungan seluruh bond-bond. Pengurus PSSI pertama kali diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo.

Dan mulai tahun 1966 diadakan kejuaraan sepakbola tingkat taruna remaja dengan nama "Piala Soeratin" atau Soeratin Cup. Itulah pengertian dan asal usul sepabola.

Mari berolahraga.

0 Response to "Pengertian dan Asal Usul Sepak Bola"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (435) Sejarah (125) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (18) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut