3 Prinsip Dalam Pengolahan Limbah

Pengolahan limbah memerlukan pengetahuan yang memadai terutama yang limbah lunak agar dalam pemanfaatannya tidak menghasilkan limbah baru yang justru semakin menambah permasalahan dalam kehidupan.

Paling tidak limbah hasil daur ulang ini dikelola dengan efisien dan efektif agar sampah yang dihasilkan dari proses pemanfaatan ini dapat diminimalisasi.

Berikut ini adalah prinsip-prinsip yang bisa diterapkan dalam pengolahan sampah. Prinsip-prinsip tersebut sering disebut orang dengan nama 3R.





3 Prinsip Dalam Pengolahan Limbah


1. Reduce.
Artinya mengangi yang berarti meminimalisir barang atau material yang kita gunakan. Semakin banyak kita menggunakan matertial, semakin banyak pula sampah yang dihasilkan.


2. Reuse.
Artinya menggunakan kembali yang berarti memilih barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang sekalipakai, lalu buang.

3. Recycle.
Artinya mendaur ulang yang berarti barang-barang yang sudah tidak berguna diaur ulang kembali. Tidak semua barang bisa didaur ulang, akan tetapi saat ini sudah banyak industri kecil dan industri rumah tangga yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain, contohnya adalah untuk bahan kerajinan.






Dengan mendaur ulang limbah menjadi karya kerajinan tangan, dapat dikatakan telah turut serta dalam mengatasi masalah lingkungan yang mengganggu kehidupan.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai wadah penyaluran hobi ketrampilan, kreativitas serta untuk menumbuhkan jiwa wirausaha.

0 Response to "3 Prinsip Dalam Pengolahan Limbah"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (555) Sejarah (150) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut