4 Alasan Kenapa VOC Dibubarkan

VOC singkatan dari Vereenigde Oost Indische Compagnie, yang berdiri pada tanggal 20 Maret 1602. Sebenarnya tujuan dari VOC adalah untuk menghindari pertikaian yang lebih parah karena persaingan dagang. Harga rempah-rempah tak terkendali.

Pusat-pusat perdagangan yang dikuasai VOC adalah Ambon,Jayakarta dan Banda. Pusat perdagangan Jayakarta direbut Belanda pada masa Gubernur Jenderal J.P. Coen.





J.P. Coen ini kemudian membangun kota Batavia dengan gaya Belanda. Kantor VOC yang semula berada di Ambon, kemudian dipindahkan ke Batavia. VOC mampu berdiri cukup lama sekali. Namun pada tanggal 31 Desember 1799, VOC dibubarkan.


Adapun sebab VOC dibubarkan adalah sebagai berikut.

1. Pejabat-pejabat VOC melakukan korupsi dan hidup mewah.
2. VOC menanggung biaya perang yang sangat besar.
3. Kalah bersaing dengan pedagang Inggris dan Perancis.
4. Para pegawai VOC melakukan perdagangan gelap.






Pada tanggal 1 Januari 1800, kekuasaan VOC di Indonesia digantikan langsung oleh Kerajaan Belanda. Sejak saat itu, Indonesia diperintah langsung pemerintah Belanda.

Pemerintahan Kerajaan Belanda atas wilayah Indonesia ini berlangsung sampai tahun 1942. Pemerintah Belanda di Indonesia dinamakan Pemerintahan Hindia Belanda.

0 Response to "4 Alasan Kenapa VOC Dibubarkan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (560) Sejarah (150) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut