3 Tokoh-Tokoh Sejarah pada Masa Budha

Indonesia memiliki banyak peninggalan sejarah kerajaan Budha. Namun, mnurut catatan sejarah tentang masa itu, masih sangat kurang. Salah satu catatan yang sangat penting untuk mengetahui sejarah kerajaan Budha, khususnya Sriwijaya adalah catatan sejarah I-Tsing.

I-Tsing adalah seorang pendeta Budha dari Cina. Pada tgahun 671M, beliau pergi ke India untuk mempelajari agama Budha. Beliau singgah di Sriwijaya selama enam bulan untuk mempelajari tata bahasa Sansekerta.

Ketika kembali dari India, I-Tsing tinggal di Sriwijaya untuk menerjemahkan naskah-naskah Budha berbahasa Sansekerta ke dalam bahasa Cina.





Pada tahun 689 M, I-Tsing pulang ke Kanton. Beliau menjemput 4 orang pembantunya, kemudian kembali ke Sriwijaya lagi. Beliau menyelesaikan dua buah karya tulis termasyhur yaitu,
1. Catatan ajaran Budha yang dikirim dari Laut Selatan.
2. Catatan pendeta-pendeta yang menuntut ilmu di India pada zaman Dinasti Tang.

Dengan kedua catatan ini, I-Tsing menguraikan letak dan keadaan kerajaan Sriwijaya dan negara-negara Nusantara lainnya. Karya I-Tsing inilah yang menjadi sumber informasi penting tentang sejarah Nusantara abad ke 7, khususnya tentang Sriwijaya.

Ada beberapa tokoh pada masa kerajaan Budha.

3 Tokoh-Tokoh Sejarah pada Masa Budha



1. Balaputrdewa.
Raja Sriwijaya sekitar abad ke 9 atau 10 M.

2. Sakyakitri.
Mahaguru agama Budha di Sriwijaya.






3. Kertanegara.
Raja terakhir kerajaan Singasari.

Itulah tokoh-tokoh penting sejaran pada masa kerajaan Budha.

0 Response to "3 Tokoh-Tokoh Sejarah pada Masa Budha"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (618) Sejarah (153) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (13) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut