3 Tradisi Islam yang Kita Warisi Hingga Sekarang

Islam adalah agama rahmatan lil alamin. Rahmat untuk sekalian alam. Disebarkan oleh Nabi Muhammad SAW sejak ribuan tahun yang lampau. Namun semangat Islam tetap menyala di hati para pengikutnya.

Ada beberapa tradisi Islam kita warisi sampai sekarang, diantaranya adalah.





3 Tradisi Islam yang Kita Warisi Hingga Sekarang


1. Ziarah.
Yaitu suatu kegiatan mengunjungi makam. Ziarah ini berkembang bersama dengan tradisi lainnya. Di Jawa, misalnya pengunjung di sebuah makam melaksanakan ziarah dengan cara melakukan berbagai kegiatan.

Kegiatan tersebut adalah membaca Al Qur'an atau kalimat syahadat, berdoa, begadang untuk semedi, atetangaau tidur dengan harapan memperoleh firasat dalam mimpi.






2. Sedekah.
Yaitu acara keluarga dengan mengundang tetangga sekitar. Sedekah untuk peristiwa gembira disebut dengan syukuran. Sedekah untuk peristiwa sedih atau untuk meminta perlindungan disebut dengan selamatan. Sedangkan sedekah untuk meminta sesuatu disebut dengan hajatan.


3. Sekaten.
Yaitu perayaan Maulid Nabi Muhammad dalam budaya jawa. Perayaan Sekaten dikenal di yogyakarta, Jawa Timur dan kota Cirebon.

Itulah tradisi-tradisi Islam yang ada di Indonesia dan masih kita warisi hingga sekarang.

0 Response to "3 Tradisi Islam yang Kita Warisi Hingga Sekarang"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (560) Sejarah (150) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (12) Hari Besar (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut