Arti dan Makna Musyawarah

Setiap ada perselisihan, maka sering kita dengar mengenai perundingan. Dan perundingan inilah yang disebut dengan musyawarah atau berembug.

Musyawarah artinya melakukan pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan atas penyelesaian masalah bersama. Sering juga kita mendengar rapat-rapat di media televisi.





Musyawarah = berunding, berembug.
Memusyawarahkan = merundingkan, memufakatkan.

Musyawarah berasal dari kata Syawara yaitu berasal dari Bahasa Arab yang berarti berunding, urun rembuk atau mengatakan dan mengajukan sesuatu (wikipedia).


Sedapat mungkin kita selesaikan masalah dengan musyawarah. Kita bermusyawarah untuk mencapai mufakat. Mufakat berarti hasil bersama yang disetujui oleh kedua belah pihak atau lebih.






Contohnya,
Jika ada perbedaan pendapat, sebisa mungkin kita melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat.

0 Response to "Arti dan Makna Musyawarah"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (516) Sejarah (125) Hewan (36) Batu Akik (24) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Hari Besar (11) Islam (11) Pramuka (10) Gunung (8) Laut (7) Bahasa (5) PBB (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut