Siapakah Jayabaya itu?

Jayabaya adalag raja terbesar dari kerajaan Panjalu atau Kadiri. Beliau memerintah pada tahun 1135-1157 Masehi. Namanya sangat terkenal di kota Kediri.

Namanya juga selalu dikait-kaitkan dengan Jangka Jayabaya yang berisi ramalan-ramalan tentang nasib di pulau Jawa khususnya dan Nusantara pada umumnya.





Keberhasilan dan kemasyhuran raja Jayabaya dapat dilihat dari hasil sastra serta karya-karya yang lain pada masa pemerintahannya di kerajaan Kadiri.


Atas perintahnya, pujangga-pujangga keraton telah berhasil menyusun sebuah kitab yang bernama Baratayudha. Kitab ini ditulis oleh Empu sedah dan diselesaikan oleh Empu Panuluh.






Kitab Baratayudha diciptakan dengan maksud untuk mengabadikan kebesaran raja serta memperingati kemenangan-kemenangan raja Jayabaya yang agung.

0 Response to "Siapakah Jayabaya itu?"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Categories

pengetahuan (664) Sejarah (156) Hewan (36) Batu Akik (24) Gunung (21) Bahan Tambang (19) Tahukah Kamu (15) Islam (14) Hari Besar (11) Pramuka (10) Laut (7) PBB (7) Bahasa (5) Alat Musik (4) Makanan (4) Pabrik (4) Singkatan (4) Baju (3) Biografi (3) Dongeng (3) Hukum Fisika (3) Anak (2) Bandara (2) Minyak (2) TNI (2) Bendera (1) Doa (1) Kerupuk (1) Kosmetik (1) Piala (1) Televisi (1)

Google+ Followers

Pengikut